» » Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Bangun Posko Daerah Bencana

KOTA, kabarMagelang.com__Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak membangun posko-posko di daerah yang terkena musibah bencana untuk penanganan korban perempuan dan anak. Termasuk di Provinsi Bali yang terdampak bencana erupsi Gunung Agung serta beberapa daerah yang terdampak siklon Cempaka.

"Di banyak daerah, bukan hanya Jogjakarta, kami koordinasikan Satuan Tugas (Satgas). Kami berdayakan mereka bersama dengan dinas-dinas yang ada di daerah," jelas Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Susana Yembise, usai kampanye Bersama Lindungi Anak (Berlian) di Kota Magelang, Sabtu (2/12).

Yohana menyebutkan, peran kementerian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak dalam penanganan korban musibah bencana adalah pendampingan.

"Tugas kami adalah memberikan pendampingan, trauma healing psikologis. Serta memberikan bantuan berupa kebutuhan khusus perempuan dan anak seperti susu, popok," imbuh Yohana.

Pendampingan ini, kata dia, dilakukan sejak awal musibah terjadi dengan koordinasi bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan dinas terkait. 

"Pendekatan kita lakukan secara psikologis kepada perempuan dan anak sejak awal, sampai mereka (korban) stabil secara mental dan psikologis," katanya.

Ditanya terkait jumlah perempuan dan anak yang menjadi korban bencana dan ditangani oleh pihaknya, Yohana mengatakan sampai ribuan orang.

"Jumlahnya cukup banyak, kalau tidak salah yang kita tangani salah satu saja ya, di Kabupaten Gianyar ada sekitar 2.900 orang. Yang lain-lain saya masih tunggu koordinasinya. Di Sumatera Utara cukup banyak juga, termasuk 700 korban," sebutnya.

Penanganan seperti ini, menurut Yohana, berjalan dengan koordinasi dan kerjasama kementerian-kementerian terkait.

"Yang pasti, negara akan selalu hadir untuk semua masyarakat dimana pun berada," tandasnya.(Kb.M1) 


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply