Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Siswa SDN Jurangombo 2 Kota Magelang Diajari Mengolah Sampah Anorganik

KOTA, Magelang.com__Sekolah Dasar Negeri (SDN) Jurangombo 2 Kota Magelang memiliki program khusus untuk meningkatkan kesadaran siswa dalam mengurangi limbah sampah anorganik. Sekolah mengajak para siswa untuk mengumpulkan sampah dari hasil konsumsi makanan maupun minuman setiap harinya.

"Ada sampah botol plastik, gelas plastik, hingga kardus yang dikumpulkan oleh siswa setiap hari," jelas Kepala Sekolah SDN Jurangombo 2, Sri Istiarsih, usai upacara bendera yang dipimpin langsung oleh Walikota Magelang, Senin (29/1).

Sri menyebutkan, dari hasil pengumpulan sampah tersebut, siswa kemudian diajak menuangkan kreasinya dengan membuat kerajinan tangan. Jadwal pembuatan kerajinan yakni setiap hari Sabtu.

"Biasanya dari guru akan menentukan dulu kerajinan apa yang akan dibuat. Hal itu disesuaikan dengan sampah yang terkumpul," terangnya.

Pembuatan kerajinan dari sampah itu sendiri diberlakukan bagi siswa kelas I hingga kelas VI. Hingga saat ini, kerajinan yang sudah dihasilkan oleh siswa diantaranya vas bunga, pigura, tempat pensil, hiasan lampu, tempat tisu, bunga, dan lainnya. 

"Sudah banyak yang dihasilkan. Ada yang dipajang di kelas masing-masing, di perpustakaan, ada juga yang dibawa pulang oleh siswa," ungkapnya.

Sri berharap, melalui program tersebut, para siswa akan paham dan mengerti arti penting dari pengolahan sampah, terutama sampah anorganik. Sehingga muncul kepedulian untuk mengurangi produksi sampah.

Sementara itu, Walikota Magelang mengapresiasi program sekolah yang sudah berjalan selama dua tahun terakhir tersebut. 

"Ini merupakan bagian dari edukasi kepada siswa terkait pengolahan sampah dengan baik. Dan semangat ini perlu ditularkan ke sekolah-sekolah lainnya," kata Walikota Magelang, Sigit Widyonindito.

Sigit berharap, semangat ini tidak hanya diterapkan di sekolah, namun juga di lingkungan keluarga. Tidak hanya semangat musiman, tapi menjadi kebiasaan yang berkelanjutan.

"Selain itu, program ini juga dapat melatih jiwa berwirausaha bagi siswa. Karena kerajinan yang dihasilkan dari sampah itu kan bisa menjadi barang bernilai ekonomi," tandas Sigit.(Kb.M1)



About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply