» » Panwas Kembali Himbau Turunkan Ratusan Baleho Calon Bupati


MUNGKID, kabarMagelang.com__Paska ditetapkan sebagai calon Bupati Magelang oleh KPU, ratusan baliho berisi program pemerintah dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD), bergambar Bupati masih terpasang di berbagai titik wilayah kecamatan. Hal tersebut memicu komplain dari sebagian masyarakat yang ditujukan kepada pengawas pemilu.



"Warga mengeluhkan kenapa masih ada baliho program pemerintah bergambar calon, padahal ini masuk masa kampanye," kata ketua Panwaskab Magelang M Habib Shaleh, Senin (19/2).



Dia menyebutkan dari berdasarkan data dilapangan ada 120 baleho berukuran besar yang dipasang sejumlah instansi di bawah Pemkab Magelang dan anonim. Baliho-baliho tersebut menampilkan gambar salah satu pasangan calon, yakni Bupati petahana, Zaenal Arifin



“Masih adanya ratusan baliho bergambar salah satu calon itu memicu komplain dari warga masyarakat yang tentunya ditujukan kepada kami selaku Panwas,” ujarnya. 



Habib menegaskan bahwa pihaknya telah memberikan himbauan melalui Sekda kepada dinas/OPD pemasang baliho agar  segera menurunkan paska penetapan Calon Bupati oleh KPU (12/2) lalu.



"Kita sudah minta agar baliho yang menampilkan gambar paslon diturunkan dalam jangka waktu 1x24 jam, namun baliho program pemerintah bergambar salah satu calon sampai saat ini belum diturunkan atau ditutup," jelas Habib.



Kordiv penindakan dan penanganan pelanggaran pemilu H Fauzan Rofiqun menyatakan,  meskipun baliho tersebut berisikan program pemerintah, namun tetap harus diturunkan. Pasalnya bupati dan wakil bupati petahana saat ini sudah cuti diluar tanggungan negara, sementara baleho-baleho tersebut jelas dibiayai APBD melalui beberapa OPD.



"Dan mereka tidak berhak menggunakan fasilitas negara dalam bentuk apa pun," tegasnya.



Sementara, pihak Panwas  hanya memiliki kewenangan sebatas himbauan dan rekomendasi ke instansi pemasang. Sesuai arahan dari Bawaslu provinsi, pihak Panwaskab Magelang  terus akan berupaya  melakukan himbauan, meskipun tidak ada tanggapan.



“Minggu kemarin kami juga sudah bertemu dengan Sekda Kabupaten Magelang dan menyampaikan hal ini. Kami minta agar baliho-baliho tersebut segera diturunkan," pungkas Fauzan.(Kb.M1)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply