» » Pertamina Selenggarakan Pelatihan Fotografi dan Jurnalisme Online Di Borobudur


BOROBUDUR, kabarMagelang.com__Puluhan wartawan Jawa Tengah dan DIY ikuti pelatihan Fotografi dan Jurnalisme Online, di Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Desa Wringinputih, Kecamatan Borobudur, Magelang, Sabtu (24/3). Pelatihan wartawan yang merupakan program PT Pertamina (Persero) dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, ini bertujuan meningkatkan kompetensi pewarta Indonesia untuk menghadirkan pemberitaan dan foto yang berkualitas. 



Pelatihan tersebut dihadiri oleh Hendry CH Bangun selaku Sekretaris Jenderal PWI Pusat, Agus Mashud selaku VP CSR & SMEPP Pertamina, Ketua PWI Jawa Tengah Amir Mahmud, Ketua PWI Kabupaten Mangelang Johannes Subagio, dan Ketua PWI kota Magelang Adi Daya Perdana.



Pada pembukaan VP CSR & SMEPP Pertamina Agus Mashud, menerangkan Pers telah menjadi  mitra yang sangat strategis. Dan kegiatan pelatihan semacam ini sebagai wadah pengembangan kreatifitas para wartawan, sehingga dapat menghasilkan karya-karya jurnalistik yang bertanggungjawab dan sesuai perkembangan masa kini.



“Untuk itu tak hanya di Magelang, pelatihan semacam ini  juga akan kami  diadakan di 2 kota lainnya yakni Rumah Kreatif Binaan (RKB) Pertamina di  Klungkung (Bali) dan Riau,” terangnya.



Rangkaian kegiatan pelatihan ini merupakan tindak lanjut dari Nota Kesepahaman yang telah ditandatangani perseroan dan PWI pada Hari Pers Nasional lalu.



“Ini  perwujudan sinergi antara Kementerian BUMN dengan PWI,” jelas Agus



Pelatihan sehari  ini menghadirkan Fotografer Senior Harian Kompas Arbain Rambey, dan Wartawan senior Pepih Nugraha yang merupakan pendiri Kompasiana.  



"Foto yang bagus itu belum tentu indah. Foto indah belum tentu bagus. Fotografer dituntut untuk mengambil gambar, jangan malas dan terlalu fokus untuk setting auto atau manual," jelas Fotografer Senior Harian Kompas Arbain Rambey.



Dia menegaskan bahwa keindahan foto tak hanya berdasarkan faktor teknologi kamera yang digunakan.



“Untuk memperoleh foto yang berkualitas, fotografer harus berani mengambil gambar tanpa perlu terlalu fokus pada pengaturan teknologi alat yang digunakan,” tegasnya.



Pendiri Kompasiana dan Founder PepNews.com Pepih Nugraha, menyatakan untuk wartawan online pemilihan judul sangat penting. "Bagi media online, pemilihan judul penting untuk memancing rasa penasaran," ujarnya.



Selain itu suatu pemberitaan seharusnya selalu terupdate, dengan tuntas, dan tidak terfokus pada satu peristiwa saja. Beberapa sisi suatu peristiwa bisa dijadikan berita selanjutnya.



“Bisa jadi sisi lain dari peristiwa tersebut akan menjadi lebih menarik dijadikan sebuah pemberitaan,” kata Pepy. (Kb.M1)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply