Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Jelang Pilkada Satlinmas se-eks Karesidenan Kedu Ikuti Apel Siaga Di Alun-alun Magelang


KOTA, kabarMagelang.com__Ratusan anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) se-Eks Karesidenan Kedu mengikuti Apel Siaga jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak dan Pemilihan Gubernur (Pilgub), di alun-alun Magelang, Kamis (26/4/2018). Apel dipimpin langsung oleh Wakil Walikota Magelang, Windarti Agustina.



Dalam sambutannya, Windarti meminta anggota Satlinmas untuk meningkatkan kesiapsiagaan jelang Pilkada serentak 27 Juni 2018 mendatang. 



“Mendekati Pilkada serentak, dinamika politik cenderung meningkat. Potensi gangguan terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat akan ikut menguat. Sehingga, Satpol PP dan Satlinmas harus lebih meningkatkan kesiapsiagaannya,” kata Windarti.



Menurutnya, Satlinmas tidak bisa bekerja sendiri, namun memerlukan dukungan dari semua pihak. Untuk itu, diperlukan koordinasi, integrasi, dan sinkronisasi baik vertikal maupun horisontal dengan instansi terkait, seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU), TNI, Polri, dan Kesbangpol di daerah masing-masing.



“Dasar hubungannya tugas fungsional masing-masing, saling membantu, dan menghormati dengan mengutamakan kepentingan umum, bukan golongan. Pemerintah mengapresiasi loyalitas Satpol PP dan Satlinmas serta kami harap terus meningkatkan kualitasnya,” imbuh Windarti.



Selain itu, Windarti juga mengingatkan agar para anggota Satpol PP dan Satlinmas selalu melakukan pendekatan dengan tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh adat. Tujuannya agar turut serta dalam upaya mencegah dan menyelesaikan segala potensi gangguan ketertiban umum.



“Yang perlu dikedepankan dalam upaya ini adalah prinsip kearifan lokal,” tandasnya.



Sementara itu, Plh Kepala Satpol PP Provinsi Jawa Tengah, Ninik Mardiastuti menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan sedikitnya 230.000 personel Linmas yang tersebar di 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah. 



“Mereka akan bertugas di tiap tempat pemungutan suara (TPS) sebanyak dua personel. Tugasnya bukan di dalam TPS, tapi di luar untuk menjaga keamanan dan ketertiban sebelum, saat, dan sesudah pemungutan suara,” jelasnya.



Sebelum bertugas, katanya, mereka sudah diberi pembekalan yang cukup untuk semakin siap menjalankan tugas saat Pilkada tersebut. Bahkan, selama empat hari mereka digembleng secara fisik dan mental di Secaba Magelang untuk memantapkan diri sebelum bertugas.



“Mereka juga mengikuti bimbingan teknis tentang Pilkada 2018, sehingga benar-benar siap dalam menjalankan tugasnya nanti. Dalam bertugas nanti, Satlinmas bergabung dengan satuan lain, yakni TNI dan Polri,” terangnya.(Kb.M1)


About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply