Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Gernas Baku Tumbuhkan Kecintaan Anak Terhadap Buku


KOTA, kabarMagelang.com__Dalam rangka mensukseskan gerakan nasional orangtua membacakan buku (Gernas Baku), Pemkot Magelang melalui Dinas Pendidikan dan kebudayaan (Disdikbud) mengajak seluruh orang tua untuk menanamkan kebiasaan anak sejak dini untuk gemar membaca dan cinta buku.

Gernas baku merupakan gerakan untuk mendukung inisiatif dan peran keluarga dalam meningkatkan minat baca anak. Bisa melalui pembiasaan di rumah, di satuan PAUD maupun di masyarakat,”kata Pelaksana harian (Plh) Disdikbud Kota Magelang, Kunadi, M.Pd di sela kegiatan semarak anak PAUD sekaligus pencanangan Gernas Baku di aloon-aloon Kota Magelang, Selasa (8/5).

Kunadi menjelaskan tujuan dari gerakan ini untuk membiasakan orang tua untuk membacakan buku bersama dengan anak-anak mereka. Mempererat hubungan sosial emosi antara anak dengan orang tua dan tentu saja juga menumbuhkan minat baca anak sejak dini.

“Dengan kita mensukseskan gerakan  ini setidaknya kita dapat menanamkan kebiasan membaca buku untuk anak-anak. Dimasa pertumbuhannya pada usia 4-6 tahun anak mengalami masa peka dimana anak mulai sensitif untuk menerima berbagai upaya pengembangan seluruh potensi anaknya. Masa ini merupakan masa untuk meletakkan dasar pertama dalam mengembangkan kemampuan fisik, kognitif, bahasa, sosial emosi, konsep diri, disiplin, seni, moral dan nilai-nilai agama,”terang Gunadi.

Kepala Bidang PAUD dan Dikmas , Dra. Sulistyorini, M.Pd dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan semarak anak ini selain untuk memeriahkan Hari Jadi ke-1112 Kota Magelang dan Hari Pendidikan Nasional juga dalam rangka sebagai salah satu upaya untuk mengembangkan kreatifitas dan kemampuan anak yang disesuaikan dengan taraf perkembangan anak-anak.

 “Sekitar 1430  anak TK/RA A dan B di Kota Magelang yang terlibat dalam kegiatan semarak anak PAUD ini.Disela kegiatan tersebut dilakukan penyerahan dokumentasi foto kegiatan lomba dari perwakilan anak TK/RA kepada Bunda PAUD Kota Magelang. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi anak-anak di Kota Magelang dan bagi kualitas pendidikan pada umumnya,”ujarnya.

Pencanangan gernas baku di Kota Magelang dilakukan oleh Bunda PAUD Kota Magelang, Hj. Yetti Biakti Sigit Widyonindito didampingi oleh Ketua GOPTKI Kota Magelang Ibu Demetrya Tety Sugiharto, dan sejumlah tamu undangan terkait lainnya. Ditandai dengan penandatangan pada spanduk sebagai simbol pencanangan Gernas Baku di Kota Magelang, acara ini juga dimeriahkan dengan  penampilan senam Gernas Baku dari anak-anak Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) , lomba drumband dan parade batik anak-anak TK/RA se-Kota Magelang. (Kb.M1)






About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply