» » Ribuan Warga Ikuti Pengobatan Gratis Di Candi Borobudur

BOROBUDUR, kabarMagelang.com__Perayaan Tri Suci Waisak 2562 BE/2018 diawali dengan bakti sosial berupa pengobatan gratis untuk masyarakat sekitar candi Borobudur, Magelang. Kegiatan baksos selama dua hari (25-26/5) tersebut,  diselenggarakan oleh Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) dan dibuka langsung oleh Ketua Umum Walubi, S Hartati Murdaya, di taman Lumbuni komplek taman wisata candi Borobudur, Jumat (25/5).

Hartati Murdaya menyampaikan bahwa pengobatan gratis ini sebagai bentuk kepedulian umat Buddha dan gerakan kemanusiaan bagi masyarakat yang membutuhkan.

“Baksos ini ditujukan semua masyarakat, dengan tidak memandang agama dan golongan tertentu,” katanya.

Dia menyebutkan ribuan masyarakat yang datang mengikuti pengobatan gratis ini datang  dari Kabupaten Magelang, Temanggung, Purworejo hingga Yogyakarta.

“Mereka datang untuk memeriksakan diri dengan berbagai macam penyakit serta keluhan kesehatan,” jelas Hartati.

Baksos ini didukung oleh 180 dokter berbagai spesialis, apoteker, laborat, penata anastesi, mahasiswa fakultas kedokteran dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia dan tim paramedis lainnya. Selain itu juga didukung oleh Dinas Kesehatan TNU AU, Puskes AU, Dinkes Kabupaten Magelang, RST dr Soedjono Magelang, RSUP dr Sardjito Yogyakarta dan RS Suci Paramita Tangerang.

Sementara rangkaian Tri Suci Waisak seperti biasa akan diisi dengan pembersihan Taman Makam Pahlawan di seluruh Indonesia dimana umat Buddha Walubi berada. Kemudian Upacara pengambilan air berkah dari Umbul Jumprit di Temanggung, upacara pengambilan api alam di Grobogan, penyemayaman air dan api di candi Mendut Magelang yang rencana akan dilaksankan pada (27-28/5). Kemudian, pelaksanaan puja bhakti menyambut detik-detik Waisak yang diakhiri dengan pelepasan ribuan lampion di pelataran candi Borobudur, pada hari Selasa (29/5). (Kb.M2)



About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply