Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Idul Adha Walikota Magelang Salurkan Dana 200 Juta Untuk Warga Lombok

KOTA, kabarMagelang.com__Pemerintah Kota Magelang selama beberapa waktu terakhir tengah mengumpulkan bantuan yang akan diberikan kepada para korban musibah gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Hingga saat ini, dana yang sudah berhasil dikumpulkan mencapai sekitar Rp 200an juta.

"Alhamdulillah, dari spontanitas para Aparatur Sipil Negara (ASN) jajaran Pemerintah Kota Magelang, dari Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) juga, bantuan yang sudah terkumpul sekarang sudah mendekati Rp 200an juta. Nanti masih ditambahi dari masyarakat," jelas Walikota Magelang, Sigit Widyonindito, usai mengikui Salat Idul Adha 1439 H/2018 di Masjid Nurul Huda, Kelurahan Panjang, Kecamatan Magelang Tengah, Rabu (22/8).

Sigit mengapresiasi capaian tersebut. Mengingat, dirinya baru memerintahkan pengumpulan bantuan melalui Surat Edaran (SE) beberapa minggu lalu.

"Dan saya perintahkan lewat SE itu saat pertengahan bulan, saat tanggal-tanggal tua. Tapi spontanitas para ASN luar biasa," katanya.

Dia menambahkan, bantuan dana tersebut hingga saat ini masih belum diserahkan ke Lombok lantaran musibah gempa susulan masih terjadi. 

"Kalau perlu, saya mau berangkat sendiri ke Lombok, saya serahkan sendiri bantuannya. Tapi sedang saya pikirkan, ujian disana masih terjadi, masih ada gempa-gempa susulan. Jangan sampai kita berikan bantuan itu tidak tepat. Kalau Lombok sudah tenang, stabil, tidak ada gempa lagi, uang kita serahkan, sehingga betul-betul manfaat," ungkap Sgit.

Sigit pun mengajak kepada seluruh masyarakat Kota Magelang untuk ikut mendoakan warga Lombok yang sedang tertimpa musibah.

"Mari kita doakan dengan tulus, semoga mereka senantiasa diberikan keimanan dan keikhlasan sehingga sesegera mungkin dapat beraktivitas seperti sebelumnya," kata Sigit.

Sementara itu, pada Hari Raya Idul Adha tahun ini, Sigit menyerahkan hewan kurban berupa sapi limosin seberat 650 kilogram ke takmir masjid Nurul Huda Kelurahan Panjang. Sapi tersebut telah melalui proses pemeriksaan oleh tim dari Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) Kota Magelang.

"Pemeriksaan hewan kurban telah kita laksanakan sejak sebelum Hari Raya Idul Adha di depo-depo yang ada di Kota Magelang. Pemeriksaan meliputi kuku, mulut, gigi, suhu tubuh, testis, dan hati," terang Kepala Disperpa Kota Magelang, Eri Widyo Saptoko.

Dia menyebutkan, depo penjual hewan kurban mengalami peningkatan jika dibandingkan tahun lalu.
"Tahun ini ada sebanyak 24 depo, meningkat dari tahun sebelumnya sebanyak 22 depo. Peningkatan ini menunjukkan bahwa antusias warga untuk menjual hewan kurban juga bertambah," imbuh Eri.

Drh Heru Tri Susila dari Disperpa menambahkan, tim pemeriksaan hewan kurban dari Disperpa Kota Magelang mendapatkan bantuan personel dari Sekolah Tinggi Penyuluh Pertanian (STPP) Magelang dan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Jawa Tengah.

"Per tanggal 18 Agustus 2018 kemarin, ada ratusan hewan yang sudah diperiksa di 24 depo. Meliputi sapi 73 ekor, domba 941 ekor, dan kambing 51 ekor," tutur Heru.

Heru juga menghimbau kepada warga untuk tak mengkonsumsi hati sapi yang mengandung cacing.

"Segera buang hati sapi jika ditemukan cacing," tandasnya.(Kb.M2)


About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply