Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Kota Magelang Raih Peringkat I Anugerah Budhipraja

KOTA, kabarMagelang.com__Pemkot Magelang berhasil meraih Anugerah Budhipraja dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) ketiga kalinya tahun ini. Namun, tahun 2018 menjadi tahun paling cemerlang untuk anugerah bidang penelitian pengembangan, ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek), dan juga inovasi ini, karena Kota Magelang untuk kali pertama meraih peringkat pertama.

Penghargaan diserahkan oleh Menristekdikti M Nasir kepada Walikota Magelang Sigit Widyonindito pada peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-23 di Pekanbaru, Riau, Jumat (10/8). Turut hadir pada kesempatan itu, Presiden ke-3 RI, BJ Habibie.

Penghargaan ini, menurut Nasir, sebagai anugerah bagi daerah yang dianggap sukses melakukan pengembangan dan penguatan inovasi. Hal ini kemudian menjadikan daerah tersebut memiliki nilai tambah, baik dalam bentuk komersil, ekonomi maupun sosial budaya.

"Kita tentu patut bersyukur dan berbangga karena tidak saja berhasil mempertahankan prestasi Anugerah Budhipraja selama tiga tahun beturut-turut. Khusus tahun ini, kita mendapatkan peringkat pertama," kata Walikota Sigit Widyonindito saat dihubungi wartawan.

Penghargaan ini, lanjut dia, menjadi pemacu semangat untuk ke depan meningkatkan potensi dan inovasi. Pemkot berencana membuka potensi inovasi lebih luas lagi, kepada masyarakat, ASN, OPD, dan sektor lainnya.

"Komitmen kita, bisa mempertahankan prestasi ini karena Kota Magelang berhasil meraih peringkat pertama tingkat nasional," tandasnya.

Ia menjelaskan, peran pemerintah meningkatkan inovasi masyarakat terus dilakukan selama ini. Salah satunya melalui program tahunan lomba Kreativitas dan Inovasi (Krenova) masyarakat dan inovasi OPD/BUMD

Sgiti menjelaskan jika Kota Magelang menjadi daerah satu-satunya di Jawa Tengah yang memiliki komitmen pengembangan inovasi secara khusus dengan pembentukan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balibang) sekaliber OPD yang dipimpin pejabat eselon II.

"Upaya komitmen ini merupakan penataan dari berbagai sisi, termasuk sumber daya manusia (SDM), dengan penempatan personel yang memenuhi syarat dalam menjawab tantangan dinamika litbang dan inovasi di Kota Magelang, baik itu dalam konteks lokal, regional, maupun nasional," imbuh Sigit.

Sementara itu, Kepala Balitbang Kota Magelang, Arif Barata Sakti menuturkan bahwa pemerintah daerah senantiasa memperhatikan masalah Litbang. Setiap tahunnya, Litbang memfasilitasi 10 karya inovasi yang berpotensi,  untuk mendapatkan Hak Kekayaan Intelektual (HaKI). Sementara lima karya inovasi lainnya juga difasilitasi dalam hal pengembangan untuk diterapkan.

"Anugerah Budhipraja pada dasarnya adalah pencapaian tertinggi bagi daerah di bidang pemanfaatan teknologi dan inovasi. Sejak tahun 2016 kita berhasil meraihnya," jelasnya.

Arif menyebutkan Anugerah Budhipraja dijadikan ajang kompetisi sejak tahun 2016, dan Kota Magelang hingga tahun ketiga belum pernah absen meraih penghargaan itu. Dua tahun pertama selalu mendapat juara ketiga, dan tahun ini Pemkot Magelang berhasil mencetak sejarah dengan menempatkan posisi pertama se-Indonesia.

"Tahun ini kita meraih posisi teratas. Alhamdulillah, kado terindah sebelum peringatan Hari Kemerdekaan. Kita berhasil mengalahkan 4 finalis lain seperti Kabupaten Bogor, Kota Semarang, Kabupaten Sragen, dan Kabupaten Wonogiri," terangnya.(Kb.M2)


About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply