» » Merawat Candi Borobudur Melalui Pameran Temporer

MERTOYUDAN, kabarMagelang.com__Balai Konservasi Borobudur bekerjasama dengan UNESCO, selenggarakan pameran temporer di Artos Mall. Bertajuk Merawat Borobudur pameran ini dilaksanakan selama sepekan (7-13/8) mendatang.  

Koordinator Kelompok Kerja Balai Konservasi Borobudur, Roni menyatakan bahwa pameran ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang pelestarian Borobudur dari masa ke masa, serta menjadi ruang bagi komunitas muda untuk berkarya dalam melestarikan budaya lokal kedepannya.

“Acara sengaja digelar dengan harapkan masyarakat tidak hanya mengenal Borobudur sebagai candi yang hanya digunakan untuk berfoto, melainkan Borobudur dapat dikenal sebagai warisan dunia yang memiliki banyak makna dan cerita dalam setiap reliefnya,” ujarnya di sela-sela kegiatanya Selasa (7/8).

Dia menyebutkan pameran ini berisi informasi tentang pelestarian Borobudur dari masa ke masa, disisi lain juga bisa menjadi ruang bagi komunitas muda untuk berkarya dalam melestarikan budaya lokal kedepannya.

“Sebagai ruang aspirasi bersama, kita juga adakan sharing session diantaranya, Workshop Aksara Jawa oleh Sanggar Seni Kinanti Sekar, Workshop Batik oleh Avatar Boutique dan Guru Batik, Workshop Pelestarian Candi Borobudur oleh Young Guardian Club, Workshop Tari oleh Chakil Squad, Workshop Kesenian oleh Bengkel Seni UNTIDAR, dan Workshop Aksara Kawi oleh Taksaka,” papar Roni.

Roni menambahkan, guna memantau perkembangan dari kondisi terkini Candi Borobudur setelah selesai dipugar, UNESCO bekerja sama dengan pemerintah Indonesia telah melaksanakan International Experts Meeting on Borobudur secara periodik dalam 5 tahun sekali.


“Pertemuan para ahli internasional ini untuk membicarakan berbagai topik bahasan yang meliputi pelapukan batu relief, stabilitas struktur, ancaman lingkungan, kehidupan Jawa kuno, dan pelestarian kawasan,” ungkapnya.(Kb.M2)

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply