» » Makam Cikal Bakal Kampung Dudan Dipugar Kementerian PUPR

KOTA, kabarMagelang.com__Kampung Dudan di Kelurahan Tidar Utara, Kecamatan Magelang Tengah memiliki makam Kyai Dudo yang konon dipercaya sebagai cikal bakal daerah tersebut. Makam ini rutin didatangi oleh masyarakat yang sekedar ingin berziarah.

Potensi ini kemudian ditangkap oleh Walikota Magelang, Sigit Widyonindito, yang kemudian mengusulkan supaya ada perbaikan/pemugaran kompleks makam Kyai Dudo. 

Usulan tersebut disampaikan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) yang kemudian ditindaklanjuti melalui Satuan Kerja Penataan Bangunan dan Lingkungan (Satker PBL) Direktorat Jenderal Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah.

"Kegiatan pemugaran ini saya pandang sangat strategis. Makam ini merupakan tempat yang berpotensi menjadi lokasi wisata yang tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan lokal namun juga regional," ujar Sigit, di sela acara peletakan batu pertama pembangunan kompleks makam Kyai Dudo, Kamis (6/9).

Sigit menuturkan, kompleks makam Kyai Dudo selalu ramai dikunjungi setiap kali Bulan Syaban tiba, atau saat tradisi Nyadran. Biasanya, akan banyak warga yang datang hingga keramaian yang terjadi melebihi saat Hari Raya Idul Fitri tiba.

"Makanya kita ingin nguri-uri agar kebudayaan lokal ini tetap terjaga. Hari ini pembangunan akan dimulai, saya titip kepada masyarakat, jangan sampai ada yang mengganggu jalannya pembangunan," kata Sigit.

PPK Pelaksanaan II Satker PBL Ditjen Cipta Karya Provinsi Jateng, Afi Triato, menambahkan, pemerintah menyediakan pagu anggaran sebesar Rp 2 miliar untuk proyek pembangunan kompleks makam Kyai Dudo.

"Dari hasil lelang pekerjaan yang dilakukan, proyek ini dimenangkan oleh CV Baja Persada Magelang dengan nilai kontrak Rp1.770.500.000. Kontrak pekerjaan selama 90 hari kalender mulai 30 Agustus-27 November 2018," jelas Afi.

Dalam pengerjaannya, pembangunan kompleks makam ini akan dilengkapi dengan kamera pengawas (CCTV). Tujuannya, supaya proses pengerjaan pembangunan maupun progresnya bisa dipantau atau dimonitor langsung oleh kementerian.

"Ke depan, setelah pembangunan selesai dilaksanakan, hasil pembangunan maupun CCTV akan dihibahkan kepada Pemerintah Kota Magelang," kata Afi.

Sementara itu, Lurah Tidar Utara, Tenny Iis Mulyadi, menyambut baik pembangunan kompleks tersebut.

"Saya berharap, nantinya, masyarakat setempat bisa dilibatkan dalam pengelolaan kompleks makam ini," ujar Tenny. (Kb.M2)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply