Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Peringati Hari Cuci Tangan Sedunia ASN Di Setda Kota Magelang Cuci Tangan Pakai Sabun

KOTA, kabarMagelang.com__Pelaksanaan apel pagi jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Sekretariat Daerah (Setda) Kota Magelang, Senin (15/10) berlangsung berbeda. Biasanya, para ASN akan langsung menuju ruang kantor masing-masing seusai apel di halaman belakang, namun tidak hari ini.

"Khusus hari ini, para ASN melakukan cuci tangan menggunakan sabun, usai apel pagi," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Magelang, Fatma Murtiningsih, usai kegiatan.

Fatma menjelaskan, aksi yang dilaksanakan tersebut merupakan salah satu wujud peringatan Hari Cuci Tangan sedunia. 

"Kegiatan ini juga merupakan gerakan masal dalam mengkampanyekan Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS). Selain di lingkup Kantor Setda Kota Magelang, juga dilaksanakan di puskesmas se-kota Magelang," terang Fatma.

Dia menambahkan, CTPS merupakan kampanye tingkat global bekerjasama dengan organisasi-organisasi baik pemerintah maupun swasta. CTPS ini adalah salah satu tindakan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat).

"Membersihkan tangan dan jari jemari menggunakan air dan sabun bertujuan memutuskan mata rantai kuman. Selain itu, dapat juga mencegah penyakit-penyakit menular seperti diare, muntaber, Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA), flu burung, influenza dan masih banyak lagi,” urai Fatma.

Penyuluh Kesehatan Masyarakat pada Dinkes Kota Magelang, Sony Suharto menambahkan, gerakan cuci tangan pakai sabun yang benar menurut WHO meliputi 6 langkah.

"Yakni usap telapak tangan, usap punggung tangan bergantian tangan dan kiri, gosok sela-sela jari, 4 jari saling mengkait, gosok ibu jari, terakhir gosok kuku-kuku jari," terang Sony.

Dalam kampanye CTPS tahun ini, lanjut Sony, Dinkes Kota Magelang bekerjasama dengan Indonesia Urban Water, Sanitation and Hygiene Penyehatan Lingkungan Untuk Semua (IUWASH PLUS).

IUWASH PLUS adalah bagian dari program USAID (United States Agency International Development). IUWASH PLUS juga merupakan lembaga hibah untuk mendukung Pemerintah Indonesia dalam meningkatkan akses air minum dan layanan sanitasi serta perbaikan perilaku higienis yang adil dan setara bagi masyarakat miskin serta kelompok rentan di perkotaan.

"Bersamaan dengan peringatan hari cuci tangan sedunia ini, IUWASH PLUS menghibahkan 10 gentong air untuk cuci tangan yang nantinya akan diletakkan di Lingkup Kantor Setda Kota Magelang. Dengan begitu, diharapkan tercipta kebiasaan mencuci tangan pakai sabun baik untuk ASN maupun tamu-tamu yang datang ke Kantor Pemerintah Kota Magelang," katanya. 

Sementara itu, fasilitator IUWASH PLUS, Muchtar mengatakan, target IUWASH PLUS tahun 2019 adalah 100-0-100 untuk Indonesia Bersih dan Sehat.

"Yakni 100 persen akses air minum, 0 persen kawasan kumuh, dan 100 persen sanitasi layak harus tuntas,” jelas Muhctar.(Kb.M2)


About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply