Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » HKN, Walikota Magelang Ajak Tingkatkan Layanan Kesehatan Masyarakat

KOTA, kabarMagelang.com__Walikota Magelang mengajak para insan kesehatan dan seluruh warga masyarakat untuk menggunakan momentum peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 tahun 2018 dengan baik. Hal itu dikatakannya saat memimpin apel pagi yang dikaitkan dengan peringatan HKN dengan tema "Aku Cinta Sehat" di halaman belakang Setda Kota Magelang, Senin (12/11).

"Mari gunakan momentum ini sebagai kesempatan memacu diri dalam meningkatkan layanan, meningkatkan derajat kesehatan masyarakat," ujar Sigit.

Dalam apel tersebut, Sigit juga membacakan sambutan dari Menteri Kesehatan, Nila Farid Moeloek.

"Peringatan HKN ke-54 ini sebagai momentum yang baik untuk mengingatkan kita bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud, apabila semua komponen bangsa berperan serta dalam upaya kesehatan dengan memprioritaskan promotive-preventif tanpa mengabaikan kuratif dan rehabilitatif," jelas Nila.

Mengubah pola hidup kearah promotive - preventif dengan menekankan pada perilaku hidup sehat yang dimulai dari diri sendiri, kata dia, merupakan salah satu upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya hidup sehat.

"Meningkatkan kesadaran masyarakat berperilaku hidup sehat melalui gerakan masyarakat hidup sehat (germas) telah diprakarsai oleh Presiden RI menjadi suatu gerakan nasional yang tertuang dalam Inpres no.1 tahun 2017 tentang gerakan masyarakat hidup sehat," katanya.

Nila menyebutkan, selain banyaknya program kesehatan yang dilaksanakan oleh pemerintah, masih ada tantangan permasalahan yang hrus dihadapi.

"Diantaranya masih tingginya angka kematian ibu, tingginya angka kurang gizi, penyakit menular dan tidak menular. Ini harus segera diselesaikan jika kita ingin meningkatkan kualitas hidup saat ini dan masa yang akan datang," terangnya.

Khusus Puskesmas, Nila menyampaikan pesan khusus. Dirinya mengingatkan agar para kepala dinas dan kepala Puskesmas mengerahkan seluruh potensi yang dimiliki dalam rangka menyelesaikan permasalahan kesehatan di daerah masing-masing.

"Puskesmas dan tenaga kesehatan di dalamnya harus mengambil peran mencerdaskan masyarakat untuk hidup sehat dengan secara aktif dan terus menerus melakukan upaya promosi perilaku hidup bersih dan sehat," tuturnya.

Menurut Nila, saat ini alokasi anggaran untuk bidang kesehatan yang disiapkan oleh pemerintah cukup besar. Sehingga besar juga harapan agar permasalahan kesehatan tersebut dapat diselesaikan dengan sebaik-baiknya.

Sementara itu, pada peringatan HKN ke-54 di Kota Magelang, Walikota juga menyerahkan sejumlah penghargaan kepada para pemenang lomba. Diantaranya penyerahan piala lomba karnaval pembangunan daerah, kejuaraan tenaga kesehatan teladan, penyerahan sertifikat ODF/Stop Buang Air Besar Sembarangan.(Kb.M2)


About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply