Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Haul Syech Subakir Pertama Sukses Dilaksanakan


KOTA, kabarMagelang.com__Pemerintah Kota Magelang sukses menggelar Haul Syech Subakir yang baru pertama kali dilaksanakan tahun ini. Ribuan umat muslim menyempatkan diri mengikuti tabligh akbar yang menghadirkan KH. Ahmad Muwafiq dan KH. Chalwani sebagai pembicara, Rabu (19/12) malam di sisi Timur Lereng Gunung Tidar.

"Saya apresiasi luar biasa kepada penyelenggara. Tahun ini haul Syech Subakir tidak direncanakan, tapi dengan segala upaya bisa diwujudkan," ujar Walikota Magelang, Sigit Widyonindito, saat membuka Haul Syech Subakir.

Sigit menyebutkan, haul tersebut merupakan ungkapan rasa terima kasih dan takdim kepada Syech Subakir yang diyakini sebagai pendahulu syiar agama Islam sebelum Walisongo. 

"Jadi haul ini terlaksana setelah kita sempat tanya-tanya dulu ke para tokoh agama, kyai. Tidak terancana sebelumnya. Ini ungkapan terima kasih dan takdim terhdap Syech Subakir yang makamnya ada di Gunung Tidar ini," imbuh Sigit.

Menurutnya, Pemkot Magelang akan berkomitmen melaksanakan kegiatan serupa di tahun-tahun mendatang.

"Tahun depan akan diselenggarakan lebih besar," ungkapnya.

Sementara itu, KH Ahmad Muwafiq atau yang akrab disapa Gus Muwafiq mengisahkan tentang perjuangan para walisongo yang dengan susah payah menyebarkan ajaran agama Islam di Nusantara.

"Walisongo dulu berjuang menyebarkan agama Islam di tengah agama yang sudah lebih dulu ada, yakni Hindu dan Buddha," katanya.

Peran Syech Subakir yang lebih dulu ada sebelum Walisongo, kata Gus Muwafiq, mestinya memiliki perjuangan yang sama besar dalam menegakkan ajaran Islam. Dia pun mengajak warga Kota Magelang untuk menghargai keberadaan Syech Subakir, salah satunya dengan menggelar haul.

"Umat Buddha sudah punya Candi Borobudur, di sini ada makamnya Syech Subakir, seharusnya juga dibangun masjid Syech Subakir. Yang besarnya tidak kalah dengan Candi Borobudur," tutur Gus Muwafiq yang disambut tepuk tangan meriah para jamaah.

Gus Muwafiq juga meminta Walikota Magelang untuk memperlebar tempat parkir sehingga pengunjung yang akan ziarah ke makam Syech Subakir tidak kesulitan saat akan memarkir kendaraan.

"Parkirnya agak diperluas, ini kios-kiosnya digeser sedikit," ujarnya. 

Untuk diketahui, Haul Syech Subakir tahun ini dimeriahkan dengan sejumlah kegiatan. Diawali dengan lomba rebana antar kelurahan, khataman, qasidah yang menghadirkan grup Qasima dan Emirates, serta pentasyarufan bantuan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Magelang. (Kb.M2)


About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply