Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Disbud Kabupaten Magelang Gelar Seminar Nasional PAUD Holistik Integratif

MUNGKID, kabarMagelang.com__Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, menggelar Seminar Nasional dan Pameran Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif, di Pendopo drh. Sopardi komplek Setda Kabupaten Magelang, Kamis (20/11). Seminar Nasional dengan tema “Mewujudkan Generasi Emas melalui Layanan PAUD HI” tersebut diikuti oleh ratusan perserta dari  berbagai unsur yang terkait dengan Pendidikan Usia Dini (PAUD), dan akan berlangsung hingga Jumat (21/12) besok.

"Kualitas tumbuh kembang usia dini pengaruhi kualitas anak dimasa yang akan datang. Masa emas harus digarap dengan baik termasuk di Kabupaten Magelang,” Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang Haryono dalam kegiatan Pembukaan Seminar Nasional dan Pameran Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif. 

Dia menyebutkan seminar itu diikuti oleh 125 orang dari berbagai unsur terkait, dengan narasumber Ketua Giga Indonesia Prof Euis Sunarti. Direktur Bina Balita dan Anak, Dra Edi Ratnawati. Psikolog dari RSJ Prof dr Soerojo Magelang, Arum Widinugraheni. 

“Kegiatan ini sekaligus dalam rangkaian launching PAUD Holistik Integratif (HI) dengan tema "Mewujudkan Generasi Emas melalui Layanan PAUD HI”,” jelasnya.

Adapun untuk arti dari Holistik Integratif, merupakan net working jaringan SKPD terkait, untuk mendukung pengembangan anak usia dini, diantaranya meliputi, nilai moral agama, kognitif, psikomotorik, seni bahasa, sosial dan emosional. Dan hal tersebut harus dipadukan dengan empat unsur holistik integratif yaitu pendidikan, gizi kesehatan, perlindungan dan pengasuhan. 

"Banyak SKPD yang dilibatkan, seperti Dinas Kesehatan, Dinsos PPKB dan PPPA, Disdukcapil, Dispermades, Kepolisian, RSJ dan lain-lain. Sehingga semua unsur turut berkontribusi dalam pendidikan anak usia dini," papar Haryono. 

Sementara Ketua Penggerak PKK dan Bunda Paud Kabupaten Magelang, Tanti Zaenal Arifin, menegaskan, kegiatan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang tersebut merupakan bagian dari program Paud holistik nasional. 

"Bagaimana pun pentingnya program Paud holistik, kebutuhan eksensial atau kebutuhan dasar anak terakomodir. Selain itu adanya dukungan berupa kebijakan pemerintah dalam Paud holistik, sebagai penguat kerja bersama SKPD terkait, selanjutnya proses regulasinya nanti akan jadi Peraturan Bupati," tandasnya. (Kb.M2)


About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply