» » Menteri Perhubungan Lakukan Ramp Check Bus Pariwisata Di Candi Borobudur

BOROBUDUR, kabarMagelang.com__ Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan ramp check sejumlah bus pariwisata di areal parkir Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, Kamis (27/12). Menhub Didampingi Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Refdi Andri, tiba ti Candi Borobudur pukul 14.00 wib, disambut Bupati Magelang Zaenal Arifin, dan sejumlah pejabat terkait, langsung melakukan remp chek bus Pariwisata.

“Dalam industri transportasi keselamatan itu ranking paling tinggi, oleh karena keselamatan harus kita jaga, karena berkaitan dengan nyawa manusia,” ujar Menhub di sela-sela kegiatan ramp check bus pariwisata.

Menhub menyebutkan dalam liburan tahun ini, pihaknya konsen terhadap keselamatan transpotasi. Kemenhub juga telah memetakan bahwa angkutan darat menjadi modal untuk melakukan ram check, terutama pulau jawa yang pergerakan penumpang tergolong tinggi.

“Yang pertama dengan adanya jalan tol kelancaran semakin meningkat, namun meningkatnya kelancaran juga menimbulkan masalah yaitu keselamatan. Sebagai upaya pencegahan kecelakanan kami bersama-sama dengan Polisi melakukan pembatasan kecepatan, yaitu maksimal100km/jam,” jelasnya.

Pemetakan yang kedua bahwa tahun-tahun yang lalu bus pariwisata dinilai sering mengalami kecelakaan yang disebabkan beberapa faktor, diantaranya bus itu sendiri dan pengemudi yang juga tidak layak.

“Oleh karenanya kita melakukan ramp check, seperti fungsi rem, lampu-lampu, ban, apakah masih berfungsi sesua aturan apa tidak. Selebihnya kami menghimbau kepada pengusaha transpotasi, terutama bus pariwisata agar memperhatikan kelaikan jalanya. Ini sangat penting karena menyangkut keselamatan penumpang,” tegas Budi.

Dia juga mengungkapkan selama libur Natal dan Tahun baru 2019, pihak kemenhub telah mentargetkan melakukan ramp check terhadap angkutan pariwisata sebanyak 35 ribu. Target sebanyak itu telah tercapai sebanyak 34 ribu atau 70 persen.

“Ya sudah 70 persen kita lakukan ramp chek. Hari ini di Borobudur dan akan langsung ke Tawangmagu,” katanya.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Refdi Andri, menandaskan bahwa kegiatan ini sudah dilakukan oleh Polri gabungan dengan pihak-pihak terkait dalam operasi tahun ini yaitu dengan melakukan pencegahan, penanganan, dan penindakan. Ini merupakan kegiatan berkelanjutan tidak hanya dalam waktu operasi saja, karena dalam transpotasi keselamatan adalah menjadi hal yang sangat penting.

“Yang kita lakukan pengecekan bukan hanya kendaraanya saja, termasuk pengemudi harus dilakukan pengecekan. Pengemudi juga harus laik jalan, memiliki kesehatan yang baik, konsentrasi yang baik, dan antisipasi yag baik,” tandasnya.

Diketahui ramp check bus pariwisata di area Parkir Taman Wisata candi Borobudur, dari 39 bus yang dilakukan pengecekan 14 diantaranya tidak laik jalan karena surat ijin pengawasan belum turun. Terhadap 14 bus pariwisata yang belum dilengkapi surat ijin pengawasan ini diberi peringatan agar segera dilengkapi. (Kb.M2)



About kabarmagelang.com

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply