» » KPU Kabupaten Magelang Gelar Simulasi Pungut Hitung Pemilu 2019

Kaliangkrik, kabarMagelang.com__Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magelang menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara menjelang perhelatan Pemilu 2019, di lapangan Desa Ngawonggo, Kecamatan Kaliangkrik, Magelang, Minggu (31/3). Simulasi ini untuk mempersiapkan para penyelenggara pemilu serta pemilih agar proses pungut-hitung berjalan lancar. 

"Pemilu tinggal 17 hari lagi, penyelenggara dan pemilih harus cermat karena pertama kali Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) diselenggarakan serentak," jelas Ketua KPU Kabupaten Magelang Afiffudin SAg. 

Oleh karena itu, simulasi seperti ini perlu dilakukan berulang-ulang, hingga petugas paling bawah yakni KPPS guna mengurangi kesalahan.

"Kami harapkan dukungan semua pihak agar pada saat hari H, seluruh tahapan berjalan lancar, dengan potensi kesalahan nihil," ujarnya

Dia menegaskan pada tahapan pungut-hitung Pemilu 17 April 2019 nanti  di setiap TPS disediakan lima kota suara dan lima surat suara yang akan dicoblos pemilih, yakni surat suara Pilpres, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. Tahapan ini merupakan proses baru bagi penyelenggara. 

Sementara Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP, mengapresiasi pelaksanaan simulasi tersebut guna menyongsong pesta demokrasi 2019. Simulasi dinilai penting sebagai gambaran situasi sebenarnya pada pelaksanaanya nanti. 

"Pemilu 2019 penuh tantangan karena menggabungkan Pileg dan Pilpres, tentu menjadi pengalaman baru bagi pemilih maupun penyelenggara, sehingga butuh kecermatan dan waktu yang lebih," katanya. 

Bupati berpesan kepada masyarakat agar datang ke TPS pada 17 April 2019 yang akan datang, untuk menggunakan hak pilihnya sesuai dengan pilihan dan hati nurani masing-masing.

“Satu suara akan ikut menentukan keberhasilan demokrasi untuk 5 tahun ke depan,” ujar Zaenal.(Kb.M2)




About kabarmagelang.com

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply