Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Tingkatkan Layanan, Pemkot Magelang Tambah Rumah Sakit Tipe C dan D

KOTA, kabarMagelang.com__Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang, Jawa Tengah, menambah rumah sakit, yakni tipe C dan D, guna meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat. Dua unit rumah sakit ini akan melengkapi RSUD Tidar sebagai rumah sakit tipe B yang sudah ada sebelumnya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Magelang, Joko Suparno, menjelaskan penambahan dua unit rumah sakit juga sebagai tindak lanjut aturan baru dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang telah memberlakukan pelayanan kesehatan berjenjang.

"Dengan bertambahnya dua rumah sakit ini, diharapkan antrian panjang pasien di rumah sakit sejenis bisa berkurang. Pasien atau keluarganya tidak perlu mendaftar pagi-pagi sekali," jelas Joko, Senin (11/3).

Joko mengemukakan, untuk rumah sakit tipe C akan menepati Kantor Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) di Jalan Gatot Subroto, Kota Magelang. Instansi tersebut selanjutnya akan pindah ke kantor baru di Jalan Diponegoro yang saat ini sedang direnovasi. 

"Untuk rumah sakit tipe C ini pelayanan dasar harus lengkap," tandas Joko.

Sedangkan untuk tipe D, akan menempati rumah sakit bersalin (RSB) Budi Rahayu di Jalan Oerip Sumoharjo. RSB ini selanjutkan akan menyatu dengan RSUD Tidar yang berlokasi di Jalan Tidar.

Anggota Komisi B DPRD Kota Magelang, Waluyo, menambahkan untuk rumah sakit tipe C rencananya mulai akan dibangun tahun 2020. Secara bertahap, rumah sakit ini akan dibangun 3 lantai. 

"Tahun ini sudah dianggarkan dana sebesar Rp 1,2 miliar, untuk analisis dampak lingkungan (amdal), desain engineering detail (DED), master plan, izin dan sebagainya," papar Waluyo.

Menurutnya, rumah sakit tipe C ini sekaligus menjadi rumah sakit pendidikan bagi calon dokter praktik. Dengan demikian diharapkan Kota Maglang menjadi tambah ramai.

Sementara itu, RSB Budi Rahayu yang akan menyatu dengan RSUD Tidar mulai dipindahkan Maret 2019 ini. Saat ini bangunan lama yang akan ditempat rumah sakit tipe D sudah direnovasi meski tidak banyak. Rencananya rumah sakit ini akan diluncurkan pada April 2019.

"Terkait dokter dan perawat dan tenaga pendukung lainnya, semua sudah dipersiapkan, termasuk ruang rawat inap," tutup Waluyo.(kb.M2)


About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply