» » Pesan Waisak Dari Taman Lumbini Borobudur



BOROBUDUR, kabarMagelang.com__Perayaan Hari Raya Tri Suci Waisak 2563 BE/2019 di Taman Lumbini Komplek Taman Wisata Candi Borobudur menjadi tujuan tersendiri bagi wisatawan lokal maupun asing. Selama prosesi waisak berlangsung, wisatawan tetap dapat mengunjungi Candi Borobudur. Beberapa rangkain waisak yang sangat menarik dan ditunggu adalah prosesi ribuan umat Budha saat melepaskan lampion, yang merupakan puncak dari rangkaian waisak menjelang detik-detik waisak di Taman Lumbini Komplek Taman Wisata Candi Borobudur, Sabtu (18/5) malam.
 
Namun tidak banyak wisatawan itu sendiri mengetahui arti dan makna dari pelepasan lampion tersebut. Pelepasan lampion menjadi simbol yang sakral untuk melepaskan hal-hal yang bersifat negatif di dalam diri setiap umat Budha.

Setiap lampion yang diterbangkan berisikan doa dan harapan bagi setiap umat Budha. Pada perayaan waisak 2563 BE/2019 ini penerbangan lampion juga mengandung pesan terhadap seluruh umat manusia dan negara.

“Ribuan lampion yang kita terbangkan membawa pesan kepada semua umat manusia terhadap pentingnya cinta kasih, saling menghormati, keberkahan, kemakmuran sehingga menciptakan kerukunan dan perdamaian,” ungkap Bhante Kamsai Sumano Mahathera di Candi Borobudur Sabtu (18/5).

Salah satu umat Budha Yessy dari Jakarta (26) mengaku bahwa prosesi pelepasan lampion merupakan acara yang paling ditunggu.

“Malalui lampion kita bisa menyampaikan doa dan harapan baik doa untuk diri sendiri, doa untuk orang tua, juga dao untuk orang lain. Tingginya lampion terbang adalah simbul dari tinggingya harapan kita,” ujarnya.

Selesai prosesi menerbangkan lampion ribuan umat Budha menuju ke plataran Candi Borobudur untuk menanti detik-detik waisak yang jatuh pada pada Minggu (19/5) pukul 04.11 menit dini hari, dimana seluruh umat Budha melaksanakan pradaksina yakni berjalan mengitari Candi Agung Borobudur sebanyak tiga kali.(Kb.M2)


About kabarmagelang.com

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply