Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Tim JKPD Uji Kelayakan Pangan di Pasar Modern Kota Magelang


KOTA, kabarMagelang.com__Tim Jejaring Keamanan Pangan Daerah (JKPD) Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa), Kota Magelang, terjun langsung ke sejumlah pasar modern untuk mengecek bahan pangan premium yang dijual, Selasa (21/5) kemarin. Mereka ingin memastikan bahan pangan aman dan berkualitas terutama menjelang Idul Fitri 1440H/2019.

"Tim JKPD dibentuk tidak lain untuk melakukan pengawasan terhadap peredaran bahan pangan segar maupun olahan yang dijual di pasar modern aman, layak dikonsumsi, tidak mengandung bahan berbahaya," jelas Kepala Disperpa Kota Magelang, Eri Widyo Saptoko, disela kegiatan. 

Tim JKPD melibatkan delapan instansi, yakni Disperpa, Dinas Kesehatan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Bappeda, Bagian Perekonomian, Polres Magelang Kota dan Satpol PP. 

Adapun pasar modern yang didatangi tim ini antara lain Superindo Jalan Pahlawan dan Giant Jalan Tidar Kota Magelang. Obyek pengawasan meliputi pangan segar asal tumbuhan, meliputi beras, buah dan sayur. Lalu pangan segar asal hewan, meliputi daging dan ikan, serta pangan olahan. 

Kepala Bidang Ketahanan Pangan Disperpa, Taat Sutjiati, menyebutkan pada beras kemasan dilakukan pengecekan nomor pendaftaran yang dikeluarkan oleh Kementerian Pertanian. Kemudian untuk buah dan sayuran dilakukan Tes Cepat Residu Pestisida (Tes CRP). Tes ini merupakan screening awal pengujian melalui uji laboratoris untuk mengetahui kadar residu pestisida. 

"Sampel sayur dan buah yang diambil berupa tomat, anggur, timun dan daun bawang. Pada pangan asal hewan, yakni ikan dan daging ayam, kami lakukan uji kesegaran uji formalin. Sedangkan pada pangan olahan kami cek tanggal kadaluarsa, ijin edar dan kemasan,” papar Taat.

Dari hasil pengecekan tersebut rata-rata bahan pangan yang dijual di dua pasar modern itu masih aman dan layak konsumsi oleh masyarakat. Hanya beberapa kemasan pangan yang rusak. Pihaknya meminta pengelola pasar modern untuk memperhatikan kualitas barang-barang yang dijual.

"Makanan dengan kemasan yang sudah rusak untuk ditarik saja karena dikhawatirkan kualitasnya sudah turun
Makanan yang masa kadaluarsanya pendek untuk lebih diperhatikan," ucapnya.

Pengawasan tim JKPD bersifat pembinaan sehingga tidak ada penyitaan pada pengecekan tersebut. Pihaknya mengimbau masyarakat agar selalu mencuci buah dan sayur untuk mengurangi dampak residu pestisida.(Kb.M2)

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply