Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Angka Konsumsi Ikan Kota Magelang Masih Rendah


Kota, kabarMagelang.com__Angka Konsumsi Ikan (AKI) di Kota Magelang baru mencapai angka 23,25 kg/kapita/tahun. Angka ini masih tergolong rendah dengan AKI ideal untuk kesehatan yakni lebih dari 31 kg/kapita/tahun.

Sekretaris Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) Kota Magelang, Susmiyati, menyebutkan sesuai data Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), AKI di Jawa Tengah tahun 2019 ini sementara 30,64 kg/kapita/tahun. Sedangkan secara nasional AKI di Indonesia baru mencapai 47 kg/kapita/tahun.

Angka ini juga masih tergolong rendang dibanding negara tetangga, seperti Malaysia (70 kg/kapita/tahun), Korea (60 kg/kapita/tahun) dan Jepang (140 kg/kapita/tahun). 

"AKI Kota Magelang sebetulnya ada kenaikan, tapi masih termasuk rendah dari AKI ideal. Oleh karena itu, kesadaran individu dan kelompok masyarakat tentang arti penting mengkonsumsi ikan harus terus digemakan," katanya.

Pemerintah melalui KKP sendiri telah menginisiasi Gerakan Masyarakat Makan Ikan (Gemarikan) yang digaungkan sejak tahun 2004 silam. Gemarikan menjadi gerakan nasional yang dilaksanakan secara berjenjang hingga ke lapisan bawah masyarakat, termasuk di Kota Magelang. 

Susmiyati berujar, sasaran utama Gemarikan di Kota Magelang adalah anak-anak usia balita hingga masa sekolah. Ini merupakann upaya penanaman kesadaran sejak dini tentang arti pentingnya makan ikan bagi kesehatan dan kecerdasan. 

Belum lama ini, pihaknya bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah dan melibatkan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kota Magelang menggelar kegiatan kampanye Gemarikan untuk kader PKK se-Kota Magelang, di Kebun Bibit Senopati (KBS) Magelang.

Pada kampanye tersebut, katanya, diisi dengan pelatihan tentang pengolahan ikan dari pemateri berkompeten. Pelatihan bertujuan agar para kader PKK bisa mengaplikasikan pengetahuan dan ketrampilan mengolah ikan di lingkungan keluarga dan sekitarnya. 

Ketua TP PKK Kota Magelang, Yetty Biakti, mengapresiasi pelatihan yang diinisiasi Disperpa karena bisa menambah pengetahuan dan ketrampilan ibu-ibu dalam mengolah ikan menjadi aneka ragam olahan. Ia berharap para peserta dapat menerapkan pengetahuan dan ketrampilan yang diperoleh untuk dikembangkan menjadi usaha yang produktif dan menguntungkan.

“Kampanye Gemarikan masih sangat dibutuhkan dan akan terus kita gelorakan secara terus-menerus. Kaum wanita, khususnya kader PKK, harus menjadi aktor utama dalam mengajak dan menggerakkan keluarga dan lingkungan sekitarnya agar terbiasa dengan budaya makan ikan," ucapnya. (Kb.M2)

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply