Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Pemkot Magelang Terima Penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2019

Kota,  kabarMagelang.com--Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang, melalui inovasi Data Kota Magelang Open (DataGO), menjadi salah satu daerah di Jawa Tengah yang mendapat penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2019 yang diselenggarakan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Penghargaan diberikan langsung oleh Menpan-RB Syafruddin kepada Wakil Walikota Magelang Windarti Agustina dan kepala daerah lainnya di Hotel Gumaya Semarang, Kamis (18/7) malam.

"Kita patut berbangga karena inovasi DataGo kita diapresiasi, menjadi penyumbang untuk Jawa Tengah, dimana provinsi kita ini menjadi provinsi terbanyak yang menerima penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2019," kata Windarti, usai menerima penghargaan di Semarang, Kamis malam.

Windarti menjelaskan, DataGo merupakan inovasi yang digagas oleh Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominsta) Kota Magelang untuk memudahkan masyarakat, khususnya peneliti, untuk mengetahui segala sesuatu tentang Kota Magelang secara detil dan akurat tanpa harus datang ke Kota Magelang. DataGo yang dirintis sejak akhir 2014 ini merupakan komitmen Pemkot Magelang untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik yang valid, terkini dengan akses yang mudah dan murah. 

"Ini komitmen kami untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Di sisi lain, kami mendorong semua OPD di Kota Magelang untuk tidak berhenti berinovasi dan kreatif sesuai bidang masing-masing, demi meningkatkan pelayanan publik. Penghargaan ini diharapkan jadi motivasi bersama," kata Windati didampingi Kepala Diskominsta Catur Budi Fajar Sumarmo.

Menpan RB, Syafruddin, dalam sambutannya, mengatakan sejak tahun 2014 proposal yang diajukan terus meningkat. Puncaknya tahun ini ada 330 kementerian/lembaga/Pemda yang melahirkan 3.156 proposal inovasi. Jumlah ini meningkat dari tahun 2018 yang mencapai 2.824 proposal inovasi.

"Tahun ini banyak sekali inovasi yang masuk. Total dari tahun 2014 sampai sekarang jumlahnya 13.214 inovasi publik. Inovasi lahir seiring meningkatnya kebutuhan masyarakat serta dinamika perubahan yang sangat cepat di semua lini kehidupan," ucapnya.

Penghargaan dibagi dalam 6 kategori yaitu Kementerian, Lembaga, Provinsi, Kota, Kabupaten, dan Badan Usaha Milik Negara. Jawa Tengah menjadi provinsi dengan inovasi terbanyak, mencapai 22 inovasi, sehingga dipilih menjadi tuan rumah. Ia berharap setelah Jawa Tengah, menyusul Surabaya Jawa Timur, dan Bandung Jawa Barat. 

Menurutnya sudah menjadi tugas negara hadir dan menjamin agar masyarakat memperoleh haknya dengan terobosan inovasi, kreasi, pelayanan yang semakin baik, menyentuh harapan masyarakat untuk mencapai kebahagiaan dan kesejahteraan. 

"Saya apresiasi seluruh kementerian/lembaga/pemda yang telah gigih bekerja untuk melayani rakyat, seluruh inovasi yang lahir adalah yang terbaik untuk Indonesia," ungkapnya. (Kb.M2)

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply