Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Sambut HUT RI ke 74 Warga Poncol Bikin Gapura Bambu Unik

Kota, kabarMagelang.com--Kampung-kampung di Kota Magelang mulai berhias menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-74 Kemerdekaan RI. Seperti tampak di RW IV Kampung Poncol, Kelurahan Gelangan, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang. Warga setempat mulai membuat gapura masuk kampung dengan aneka ornamen khas.

Uniknya, jika gapura biasanya dibangun menggunakan bahan semen, warga kampung Poncol justru menggunakan bambu yang dirangkai sedemikian rupa. Warga mengangkat tema "back to nature" untuk gapura tersebut.

Penanggungjawab pembuatan gapura, Agus Wahyudi, menjelaskan butuh waktu sekitar seminggu untuk menyelesaikan gapura bambu ini. Saat ini sudah selesai 100 persen. Gapura dikerjakan sekitar 10 orang.

"Ada tambahan beberapa tanaman, dan dipasang umbul-umbul," ujar Agus, Senin (6/8).

Adapun bahan-bahan yang dipakai semuanya hasil swadaya masyarakat setempat. Sedangkan bahan bambu mengambil dari sisa kegiatan sebuah festival di Kledung, Kabupaten Temanggung, beberapa waktu lalu.

“Awalnya hanya memanfaatkan sisa-sisa bambu dari pembuatan kerajinan saat fastival di Kledung beberapa waktu lalu” terang Agus Wahyu.

Selain untuk menyambut HUT ke-74 RI, pembuatan gapura secara gotong royong ini diharapkan mampu menumbuhkan sikap saling bekerjasama, saling membantu serta membina hubungan sosial yang baik antarwarga. Selain itu juga untuk diikutkan lomba pada tingkat provinsi Jawa Tengah.

"Untuk menyambut HUT Kemerdekaan ini kami juga sudah mengadakan aneka lomba sejak 28 Juli 2019 lalu," kata Agus.

Lurah Gelangan, Sugeng Sunarso, menambahkan pembuatan gapura dari bahan bambu ini merupakan bentuk kreatifitas warga yang patut ditiru. Meski sederhana,namun menarik dan ramah lingkungan. Di sisi lain, bisa menjadi ajang memacu semangat gotong royong antarwarga.

"Ini kreatif, patut ditiru oleh warga di kampung lainnya. Membuat gapura atau sesuatu karya tidak harus pakai bahan-bahan mahal," ucap Sugeng.

Senada, Kepala Bagian Humas Pemerintah Kota Magelang, Ahmad Ludin Idris, mengapresiasi ide kreatif warga kampung Poncol Kelurahan Gelangan, tersebut. Menurutnya, bahan-bahan sederhana pun jika dirangkai dengan sedikit kreatifitas bisa menjadi karya yang unik dan menarik.

"Kami apresiasi tentunya, ini menunjukkan masyarakat Kota Magelang itu kreatif, cerdas, mudah-mudahan menjadi inspirasi warga lain untuk membuat yang lebih bagus lagi. Supaya Kota Magelang makin semarak menyambut HUT ke-74 Kemerdekaan RI," ucap Idris.(Kb.M2)

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply