Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Porkel Jadi Strategi Pemkot Magelang Sambut Dulongmas

Kota, kabarMagelang.com--Pekan Olahraga Kelurahan (Porkel) sudah digelar keenam kalinya di Kota Sejuta Bunga, Jumat (11/10). Seperti sebelumnya, Porkel yang melibatkan 17 kelurahan ini digabung dengan Gala Desa yang menjadi program kompetisi dari Kementerian Olahraga (Kemenpora) RI.

Wakil Walikota Magelang, Windarti Agustina usai membuka resmi kedua ajang bergengsi ini di GOR Samapta Magelang Utara, mengaku bangga. Apalagi, Porkel sejalan dengan program Gala Desa yang sudah kedua kalinya dilaksanakan.

”Lebih bangga lagi, Kota Magelang ditunjuk sebagai salah satu daerah yang melaksanakannya. Ini kepercayaan yang harus kita wujudkan dalam gelaran kompetisi yang sportif dan sukses,” Windarti.

Turut hadir Kabid Olahraga Pendidikan Menengah Deputi Bidang Olahraga Kemenpora RI, Ari Mulyadi beserta jajaran dan segenap tamu undangan.

Menurut Windarti, masyarakat memiliki kesempatan yang sama dan luas untuk berperan dalam kegiatan olahraga. Demikian halnya dengan Porkel ini, bertujuan memperkuat jalinan persatuan dan kesatuan masyarakat.

”Tak kalah penting ajang ini untuk mencari bibit-bibit unggul dan atlet berbakat yang ke depan bisa mengharumkan nama Kota Magelang di berbagai kompetisi. Di dalam Porkel tertanam nilai-nilai loyalitas, dedikasi, kerja sama, nasionalisme, dan patriotisme,” ujarnya.

Kepala Bidang Olahraga, Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Magelang Subarkah menjelaskan, kompetisi ini sebagai upaya menjadikan olahraga sebagai budaya di masyarakat.

Selain itu, ajang ini juga digunakan untuk menjaring atlet yang akan berlaga di Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Dulongmas IV 2020 mendatang. Perhelatan ini, ujarnya, akan diselenggarakan sampai 27 Oktober mendatang.

"Kami berharap dari ajang ini lahir bakat-bakat muda yang dapat mengharumkan nama Kota Magelang," ujarnya.

Para atlet akan berlaga di 8 cabang olahraga. Untuk ajang Gala Desa di antaranya Sepakbola U-18, Tenis Meja U-18, Bola Voli U-18, Atletik U-13 dan U-15, serta Dayung R6. Sedangkan untuk ajang Porkel ada Futsal U-18, Tenis Meja, Bola Voli, Bulutangkis, dan Tenis Lapangan.

Sebanyak 1.944 atlet akan berlaga dalam ajang ini. Selain itu, perhelatan ini juga melibatkan 389 ofisial dan 239 panitia pelaksana.

Tiap cabang olahraga digelar di beberapa venue. Stadion Moch Soebroto akan digunakan untuk Sepakbola dan Futsal. Sedangkan venue lain tersebar di GOR Mandira, GOR Samapta, dan beberapa lapangan lain.

Kepala Bidang Olahraga Kemenpora Ari Mulyadi menambahkan, ajang ini sengaja dianggarkan agar olahraga dapat membudaya di tengah-tengah masyarakat. Karena itu acara yang dibuat sebisa mungkin digelar dengan kemasan yang proporsional.

"Tahun ini hanya 25 titik saja karena keterbatasan anggaran. Tapi ada beberapa kabupaten/kota yang melaksanakan secara mandiri dengan APBD. Kami hanya stimulan saja," jelasnya.(Kb.M2)

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply