» » Ratusan Warga Melakukan Aksi Tolak Penambangan Dengan Alat Berat di Sungai Pabelan

KabarMagelang.com--Ratusan warga Desa Gondosuli Muntilan dan Desa Gondowangi Sawangan, Magelang, melakukan aksi menolak aktifitas penambangan pasir dan batu dengan menggunakan alat berat dialur sungai Pabelan Dusun Pasekan, Desa Gondowangi, Sawangan, Jumat (13/12).

Koordinator aksi Agus Salim, mengatakan  penolakan warga ini dipicu karena, pelaku penambang yakni Fajar Rahmat menggunakan alat berat beghoe sehingga bisa merusak lingkungan, akibatnya saluran irigasi dan debit mata air menurun.

"Kami atas nama warga desa Gondowangi menuntut alat berat beghoe untuk dinaikkan dari sungai Pabelan keluar dari desa Gondowangi," katanya saat orasi yang didampingi oleh Aktifitas LSM (Sapu Jagat Gunung)

Dia menyatakan bahwa masyarakat Desa Gondowangi tidak pernah menginjinkan menambang pasir menggunakan alat berat, apalagi operasional penambangan tersebut tanpa disosialisasikan terlebih dahulu kepada warga.

Sementara Fajar selaku penanggung jawab p[enambangan bertekat tetap akan melaksanakan penambangan pasir karena sudah memiliki ijin penambangan yang dikeluarkan dari Dinas ESDM Propinsi Jawa Tengah atas rekomendasi dari BBWSO Yogjakarta.

“ Kami melakukan poenambangan karena telah mendapatkan izin dari yang dikeluarkan oleh Dinas ESDM atas dasar rekomendasi dari BBWSO," ujarnya. 

Karena kedua belah pihak tidak ada kata titik temu maka melalui perwakilan masing masing melakukan pertemuan dengan melaksanakan mediasi, dengan hasil untuk sementara operasional penambangan berhenti dahulu, sambil menunggu hasil protes warga kepada Pemerintah Kabupaten Magelang maupun ke BBWSO Yogyakarta.(Kb.M2).

About kabarmagelang.com

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply