» » Pemerintah Akan Membangun Empat Gerbang Pintuk Masuk Kawasan Candi Borobudur


kabarMagelang.com__Pemerintah akan segera membangun empat gerbang pintu masuk kawasan Candi Borobudur. Selain empat gerbang pintu masuuk kawasan Candi Borobudur juga akan flaywalk yang menghubungkan antar Candi Mendut dan Candi Pawon.

Kepala Satker Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) I Jawa Tengah, Dwi Atma Singgih Raharjo, menyebutkan empat gerbang yang akan di bangun itu berada di pintu-pintu masuk ke arah Candi Borobudur. Meliputi Desa Blondo di Kecamatan Mungkid, yang akan dilengkapi patung tanaman Kalpataru. Kemudian di daerah Palbapang, dengan ikon Patung Singa.

"Gerbang ketiga dibangun di daerah perbatasan Magelang dengan Kulonprogo, tepatnya di Klangon dengan ikon patung Kapal Samudra Raksa. Gerbang ke empat di desa Kembanglinmus, dengan ikon patung Gajah. Empat icon yang akan dibangun ini diambil dari relief yang ada Candi Borobodur. Kalau semua lancar pertengahan tahun ini sudah mulai dilaksanakan pembangunanya, karena saat ini sudah mulai lelang," ungkapnya saat rapat persiapan penataan kawasan Strategis Nasional (KSN) Borobudur di Joglo Ndeso Muntilan Senin (3/2/2020).

Dia mengatakan ke empat gerbang ini nantinya juga akan dilengkapi beberapa fasilitas umum seperti tempat parkir, toilet, pusat kuliner dan pusat penjualan souvenir.

"Masing-masing gerbang berukuran antara1300 hingga 5000 meter. Yang paling luas di desa kembanglinmus yang mencapai 2 hektar. Sejauh ini, kendala yang dihadapi hanya di Blondo dan Palbapang, dimana ada beberapa lahan masih milik warga, yang saat ini ada pembebasan,” ujar Singgih. 

Sementara Anggota Komisi IX DPR RI, Ir Sudjadi menambahkan, bahwa pemerintah juga akan membangun 'flywalk' yang menghubungkan Candi Mendut, Pawon hingga Candi Borobudur.

"Flywalk akan menghubungkan ketiga candi itu sebagai garis imajiner, dengan tujuan sebagai akses budaya sekaligus religi saat umat Buddha merayakan Hari Waisak. Selain itu, juga untuk menambah destinasi wisata baru disekitar borobudur," tandasnya.(Kb.M2)

About kabarmagelang.com

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply