» » Ribuan Truk Penambang Pasir Merapi Disemprot Disinfektan


kabarMagelang.com__Beberpa komunitas sopir dan penambang pasir melakukan menyemprotan disinfektan terhadap ribuan truk penambang pasir Merapi, di simpang tiga Desa Jerukagung, Kecamatan Srumbung, Magelang, Kamis (26/3/2020). Penyemprotan secara mandiri tersebut dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona, mengingat truk penambang pasir di Merapi barasal dari berbagai daerah terutama Semarang.

Ketua komunitas Dyna Dutro Mania Indonesia (DDMI) Magelang Evin Susanto, mengatakan bahwa kegiatan penyemprotan disinfektan terhadap truk penambang ini murni mandiri yang dilaksanakan oleh beberpa pengurus komunitas sopir truk dan penambang Merapi, sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona.

“Kita berupaya melakukan pencegahan, karena kita tahu bahwa truk penambang ini berasa dari berbagai daerah seperti Semarang, Kudus, Kendal, Pekalongan, dan yang lainya,  dimana daerah-daerah tersebut juga ada yng positif terkena virus corona,” jelasnya.

Dia menyebutkan untuk hari ini menyiapkan disinfektan sebanyak 5000 liter dengan menggunakan truk tangki milik komunitas, dengan sararan utama truk penambang yang melitas serta kendaraan lainya.

“Hari ini kurang lebih 1000 truk pengangkut pasir kita semprot disinfektan. Hal ini akan kita lakukan lagi di hari berikutnya. Selain truk pengangkut pasir kita juga lakukan terhadap semua kendaraan umum yang melintas,” jelas Evin.

Selain melakukan penyemprotan, juga dilakukan pembagian masker terhadap semua penambang pasir baik manual maupun penambang yang mengguanakan alat berat.

“Nanti kita juga akan membagikan masker kepada para penambang,” ujarnya.

Sementara ketua Komunitas Merapi Trans Community (MTC) Magelang Nida Nur Afandi, menambahkan sejak adanya virus corona penjualan pasir Merapi mengalami penurunan hingga 50 persen. 

“Kita berharap masalah corona ini segera berakhir sehingga penjualan pasir kembali normal,” tandasnya.

Meski sempat membuat kemacetan hingga beberapa ratus meter, namun tidak mebuat para sopir kecewa. Mereka rata-rata sangat mengapresisasi dan berterima kasih atas kegiatan penyemprotan disinfektan yang dilakukan.(Kb.M2)

About kabarmagelang.com

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply