» » Terlibat Kremasi Korban Corona Warga Pulosari Bentuk Tim Gugus Tugas


kabarMagelang.com__Warga di Dusun Pulosari, Desa Jumoyo, Kecamatan Salam, Magelang, membentuk gugus tugas sebagai upaya pencegahan virus corona, Minggu (29/3/2020). Pasalnya pembentukan ini sebagai tindak lanjut adanya salah satu warga setempat terlibat langsung  pada acara kremasi jenazah positif covid-19.

"Ide pembentukan Tim Gugus Tugas Dusun Pulosari bertujuan untuk mencegah penyebaran wabah covid-19. Apalagi sebelumnya ada peristiwa kremasi jenazah positif covid19 di Krematorium Kuburan Cina Gremeng yang merupakan pasien salah satu Rumah Sakit Swasta RS. PR Jogjakarta," ungkap Ketua Tim Gugus Tugas Dusun Pulosari, Fuad Ridwan Ashari.

Dia menjelaskan bahwa salah satu warga Dusun Pulosari yang merupakan pekerja harian bertugas melakukan bersih-bersih di Kuburan Cina Gremeng. Beberapa hari yang lalu pekerja ini  juga terlibat  prosesi kremasi dan diminta untuk ikut mengankat peti jenazah.

“Saat itu kondisi tidak tahu bahwa, yang akan dikremasi merupakan pasien positif covid-19. Sebab hasil lab keluar sehari setelahnya," jelasnya.

Humas Tim Gugus Tugas Dusun Pulosari Edward Alfian, menambahkan bahwa saat dimintai keterangan  warga tersebut mengaku tidak bersinggungan secara langsung. 

“Iya dia mengaku tidak bersinggungan langsung, karena jenazah positif covid-19 di peti dan tidak dibuka,” terangnya.

Saat ini Tim Gugus Tugas Dusun Pulosari mewajibkan setiap tamu atau warga yang datang dari luar kota untuk melapor ke Tim Gugus Tugas dengan format, nama, alamat, jenis kelamin, usia, dan datang dari daerah mana, kemudian keperluan apa serta nomor kontaknya.

"Dengan demikian mobilisasi warga, terutama dari luar desa akan lebih terpantau, sehingga Tim Gugus Tugas bisa mengambil langkah tertentu bila ada yang diduga terpapar virus Covid-19, agar tidak menular ke warga lainnya," pungkas Edward.(Kb.M2)

About kabarmagelang.com

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply