» » Ini Yang Wajib Dimiliki Bhabinkamtibmas Dimasa Pandemi Covid-19

kabarMagelang.com__Di tengah pandemic Covid-19 dalam masa new normal ini, ada empat hal penting yang wajib di miliki oleh petugas Bhabinkamtibmas di wilayah binaanya. Hal tersbut ditegaskan oleh Ketua Tim Asistensi Polda Jateng AKBP Bambang Purwadi S.Pdt, saat melaunching kampung Sianga Candi di Desa Tegalsari, Kecamatan Candimulyo, Magelang, Selasa (21/7/2020). 

AKBP Bambang Purwadi, mengungkapkan, di tengah pandemic Covid-19 ini seorang Bhabinkamtibmas yang bertugas di Desa wajib memiliki empat hal pokok, yakni Cerdas, Agamis, Negoisator, Dedikasi, dan Inovatif, sesuai dengan slogan yang dicanangkan dari Polri siaga Candi.

Seorang Bhabinkamtimas harus memiliki kecerdasan untuk menyelesaikan dan memberikan solusi setiap masalah yang dihadapi oleh masyarakat. “Misalnya di saat Covid-19 ini, Pak Kades membuat portal kemudian ada warga complain. Bhabin harus berperan di situ, jelaskan kenapa ada pemortalan,” katanya.

Seorang Bhabinkamtimas juga wajib memiliki jiwa Agamis, dimana dalam bertugas harus mendekatkan diri dengan tokoh-tokoh agama yang ada di desa, dan melaksanakan dengan penuh keikhlasan.

“Dalam melaksanakan Bhabinkamtimas harus ikhlas, tidak mengharap imbalan diluar haknya, sehingga dalam melaksanakan tuganya merasa enak,” ujar Bambang.

Dia menegaskan bahwa petugas Bhabinkamtimas juga harus pandai menjadi seorang negosiator di desa binaanya. Jika terjadi unjuk rasa dari warga ke desa. 

“Bhabin harus tampil sebagai negosiator dengan memfasilitasi pertemuan secara perwakilan sehingga bisa mencegah tindakan anarkis, yang mengakibatkan kerusakan sarana pelayanan di desa,” jelasnya.

Disamping itu dedikasi juga wajib dimiliki seorang Bhabinkamtimas, sebagai anggota Polri harus siap 24 jam. Apabila dibutuhkan masyarakat harus siap siga datang membantu.

“Jadi kepada masyarakat jika ada kejadian di desa, kok Bhabin tidak siap dan tidak di mengetahui, laporkan saja ke Kapolsek, atau ke Kapolres, atau ke saya, bisa dilepas itu. Berarti Bhabin tidak punya dedikasi,” ujar Bambang.

Yang terakhir seorang Bhabinkamtibmas harus pintar berinovasi, dalam membantu maengatasi segala kesulitan yang dihadapi oleh masyarakat di desa. 

“Misal di Balai Desa CCTV rusak, untuk tetap bisa memonitor seorang Bhabin harus bisa berinovasi, dengan cara apa, ya bisa dengan menggunakan HP, ada aplikasinya,” imbuhnya.

Sementara Kapolres Magelang melalui Wakapolres Kompol Aron Sebastian, mengatakan dipilihnya Desa Tegalsari sebagai kampung siaga candi, karena berdasarkan penilaian dari Tim Polda di desa tersebut tlah memiliki sarana yang lengkap dalam pencegahan penularan Covid-19.(Kb.M2).

About kabarmagelang.com

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply