» » Pembangunan TPS3R di Borobudur Kembali Diprotes Puluhan Warga Grudug Balai Desa

kabarMagelang.com__Puluhan warga Dusun Bojong, Desa Wringinputih, Kecamatan Borobudur, Magelang, kembali melakukan aksi demo di Balai Desa setempat, Rabu (22/7/2020). Mereka meminta agar pembangunan Tempat Pengolahan Sampah educe-Reuse-Recycle (TPS 3R) di pindah ke lokasi lain. Pembangunan TPS3R yang ada di Dusun Bojong tersebut dikhawatirkan bisa mengganggu lingkungan, karena dekat dengan pemukiman dan Pondok Pesantren serta Balai Ekonomi Desa (Balkondes).

Rencana pembangunan TPS3R dari Kementrian PUPR senilai 800 juta lebih ini, juga dinilai hanya berdasarkan Musyawarah Desa (Musdes) yang tidak melibatkan warga Dusun Bojong secara keseluruhan.

“Kami sudah beberapa kali melakukan penolakan ke Desa bahkan sudah ke camat, tidak pernah ada tanggapan, dan pembangunan terus berlanjut,” ungkap Aprilia, salah satu warga Dusun Bojong.

Dia mengatakan semua warga yang keberatan bukan menolak adanya pembangunan TPS3R. Mereka hanya meminta agar pembangunan tersebut dipindah ke lokasi lain.

“TPS3R ada di muka dusun, dekat dengan pemukiman, dekat Ponpes, dan Balkondes yang sering digunakan untuk kunjungan dan menginap wisatawan. Selain itu juga masih ada lahan yang jauh dari aktifitas warga, kenapa dipaksakan disitu,” katanya.

Warga yang juga ditemui Camat Borobudur Joni Indiarto ini tetap meuntut kepada kepala Desa agar pembangunan TPS3R dihentikan dan dipindah lokasi lain. 

“Pembangunan TPS3R tujuanya untuk memajukan ekonomi masyarakat namun juga harus melihat kondisi wilayah. Menurut saya yang peling penting masyarakat kondusif. Sementara pembangunan kita istirahatkan dulu,” jelas Indianto.

Puluhan warga akhirnya membubarkan diri setelah ada kesepakatan pembangunan diistirahatkan sambal menunggu musyawarah selanjutnya.(Kb.M2).


About kabarmagelang.com

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply