» » » Pasien Covid-19 asal Kota Magelang yang Sembuh Capai 47 Orang

KabarMagelang.com__Jumlah pasien positif Covid-19 di Kota Magelang yang sembuh mencapai 47 orang, dari total 75 kasus.

Data yang dihimpun dari website resmi informasi penanganan Covid-19 Kota Magelang menyebutkan, sampai Kamis (13/8/2020) pukul 12.00 WIB, tercatat ada 12 orang pasien positif yang dinyatakan sehat dan pulang.

Akan tetapi pasien itu diminta untuk tetap melakukan isolasi mandiri guna mencegah penularan kembali.

Sedangkan pasien positif yang dirawat di rumah sakit tercatat ada 8 orang dan total pasien meninggal dunia 8 orang

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Magelang dr Majid Rohmawanto mengatakan, untuk tambahan 1 kasus baru pasien positif per Kamis (13/8/2020), adalah perempuan (60) warga Kelurahan Rejowinangun Selatan.

"Pasien ini dirawat di RSJ Prof Dr Soerojo, pendataan masih berjalan," kata Majid.

Ia mengakui perkembangan kasus Covid-19 di Kota Magelang memang mengalami kenaikan signifikan, setelah sempat nihil selama sebulan.

"Sejak 19 Juli 2020, kita ada tambahan 40 kasus," sebutnya.

Kasus terbanyak ditemukan di Kelurahan Kedungsari, Kecamatan Magelang Utara, dengan jumlah 21 kasus. Kasus di wilayah ini berawal sebuah keluarga yang memiliki riwayat pulang bepergian dari Demak.

Kasus terbanyak kedua Kelurahan Kemirirejo, Kecamatan Magelang Tengah, dengan 6 kasus. Di wilayah ini juga berawal dari sebuah keluarga yang terdiri dari 5 wanita dan 1 pria. Dari jumlah itu, saat ini ada 2 orang yang dirawat, 1 orang sembuh dan 3 orang meninggal dunia.

"Bisa dikatakan kasus Kedungsari dan Kemirirejo jadi klaster keluarga," kata Plt Kepala Dinkes Kota Magelang, dr Majid Rohmawanto.

Selanjutnya, kasus Covid-19 juga menyebar di Kecamatan Magelang Utara meliputi Kelurahan Wates (7 kasus), Kramat Utara (5 kasus), Kramat Selatan (5 kasus) dan Potrobangsan (1 kasus).

Kecamatan Magelang Tengah, meliputi  Rejowinangun Utara (2 kasus), Cacaban (3), Gelangan (4 kasus) dan Magelang (1 kasus). Kecamatan Magelang Selatan, meliputi Jurangombo Selatan (3 kasus), Magersari (10 Kasus), dan Rejowinangun Selatan (5 kasus).

Dikatakan, Kota Magelang telah menyiapkan 4 rumah sakit untuk merawat pasien Covid-19. Terdiri dari RSUD Tidar dengan 26 tempat tidur, RST dr Sudjono (14), RSJ Prof Dr Soerojo (25) dan RSUD Budi Rahayu (14).

Rata-rata bangsal isolasi untuk pasien Covid-19 penuh, sebab pasien yang dirawat tidak hanya warga Kota Magelang tapi juga luar kota.

Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito menyatakan siap jika sewaktu-waktu rumah sakit-rumah sakit tersebut membutuhkan tambahan kapasitas.

"Fleksibel saja, kalau membutuhkan tambahan tentu akan kita akan tambah. Tapi kita tidak berharap itu," ucap Sigit.

Ia minta masyarakat untuk patuh pada protokol kesehatan meski sudah masuk era adaptasi kebiasaan baru. Sebab Covid-19 masih ada dan masih menjadi ancaman serius. (Kb.M2)

About kabarmagelang.com

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply