Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » » Sebaran Kasus Covid-19 Meluas, Camat dan Lurah Di Kota Magelang Diminta Tegas


kabarMagelang.com__Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito mengumpulkan seluruh camat dan lurah se-Kota Magelang, di Pendopo Pengabdian komplek rumah dinas Wali Kota Magelang, Senin (21/9/2020). Sigit mewanti-wanti mereka untuk menjaga wilayah masing-masing terhadap penyebaran virus corona atau Covid-19. 

Hal itu dianggap penting karena semakin hari kasusnya semakin meningkat. Bukan hanya Kota Magelang tapi pergerakan di kota lain juga tidak menggembirakan, seperti Jakarta, Semarang, Surabaya, dan Yogyakata.

Bahkan, pasien terkonfirmasi positif Covid-19 sudah hampir merata tersebar di seluruh wilayah ini.

"Di wilayah kita hampir merata yang terkena. Nah ini perlu perenungan, perlu mengoptimalkan tugas-tugas saudara yang ada di lapangan, terintregitas. Seandainya ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi di lapangan, misalkan ada klaster, ada penderita, segera saja dilaporkan dikomunikasikan, supaya jelas rakyat itu dibuat nyaman," kata Sigit.

Lebih lanjut, Sigit meminta Camat dan Lurah turun ke lapangan mendengar aspiraso masyarakat agar mereka merasa terlayani dengan baik. Camat dan Lurah harus tahu kondisi lingkungan, dari keamanan sampai kebersihannya.

"Turun ke lapangan mungkin tidak perlu formal, ya misalnya hari Jumat sambil sepedaan, dilihat itu masyarakatnya jika ada yang tidak pakai masker, tidak patuh, ya memang masa-masa pandemi yang memberikan pengarahan dan sebagainya ya kita ini, selain TNI/Polri itu ya kita diperintah secara khusus," ungkapnya.

Gerakan-gerakan yang sudah digalakkan juga diminta dioptimalkan, contohnya Jogo Tonggo hingga satgas RT/RW. Camat dan Lurah pun diminta tegas terhadap masyarakat untuk disiplin, tidak perlu pergi luar kota, jika harus pergi wajib menerapkan protokol kesehatan dan tidak menerima tamu.

Disisi lain, Sigit meminta mereka untuk tetap mengedepankan sisi humanis dihadapan masyarakat. Menyadarkan masyarakat tanpa membuat takut dan suasana tetap tenang.

"Rakyat itu gak butuh aturan yang rumit, pendekatan kita kepada rakyat ini ya humanis, pendekatan yang baik. Misalnya kalau ada yang meninggal belum tentu Covid-19.Saudara-saudara membuat suasana tenang ngomong ke masyarakat, jika memang itu positif Covid-19 ya mohon kesadarannya. Berikan pemahaman yang utuh masyarakat itu," pintanya.

Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina menambahkan, frekuensi kegiatan masyarakat dan keluarga semakin meningkat akhir-akhir ini maka camat dan lurah harus intensif mengawasinya. 

"Pak camat dan lurah harus lebih cermat karena tidak bisa menunda sebuah kegiatan karena sudah menjadi kebutuhan," kata Windarti.

Ia juga mengajak mereka untuk menggiatkan lagi grup whatsapp sebagai media pengawasan dan koordinasi. Meraka juga harus turun ke lapangan dengan Jogo Tonggo. Ini dianggap lebih efektif termasuk melalui kegiatan ibu-ibu. 

"Awasi wilayah yang aktif berkegiatan dan imbauan untuk tidak menerima tamu atau bepergian tetap disampaikan rutin untuk mengurangi dampak Covid-19," tandas Windarti. (Kb.M2).

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply