Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » » Atin Istiarni, Pustakawan asal Kota Magelang Terbaik II Tingkat Nasional

kabarMagelang.com__Salah seorang pustakawan Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma), Atin Istiarni MIP, berhasil menjadi juara II pustawakan terbaik tingkat nasional. Pustakawan asal Kota Magelang sekaligus wakil Jawa Tengah tersebut berhasil menyisihkan 30 pustakawan lain se-Indonesia dalam ajang Pustawakan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2020 baru-baru ini.

Atin mengaku bangga dan sangat bersyukur mendapat gelar ini. Ia sama sekali tidak menyangka berhasil melewati sejumlah tes yang disyaratkan.

"Awal saya menjadi juara tingkat Jawa Tengah dan akhirnya ikut lomba tingkat nasional. Alhamdulillah dapat juara dua," kata Atin, ditemui Sabtu (31/10/2020).

Ia mengatakan, para pustakawan peserta lomba harus melalui tiga tahapan tes, yaitu tes kognitif, presentasi, dan wawancara. Pada lomba itu, Atin mengangkat inovasi dengan judul ‘Kemas Ulang Informasi Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa untuk Masyarakat Indonesia (KUI KIMMI)’.

Dia berharap, inovasi yang ia usung akan bermanfaat bagi masyarakat ke depannya. Sebab, selama ini, ia melihat hasil karya tulis ilmiah mahasiswa, kebanyakan hanya dikonsumsi kalangan civitas akademika dan kalangan akademisi saja.

"Padahal ada karya tulis ilmiah yang sangat potensial untuk diimplementasikan ke masyarakat. Seperti contoh, hasil penelitian mahasiswa Farmasi Unimma yang mengaplikasikan tanaman untuk obat herbal. Melalui KUI KIMMI, informasi ini akan sampai pada masyarakat," ujarnya.

Setelah diraihnya prestasi tersebut, Atin berencana untuk terus melakukan pengembangan dengan memantapkan lagi program KUI KIMMI. Rencana ini pun banyak didukung oleh sejumlah pihak.

"Beberapa testimoni dari masyarakat dan Dinas Perpustakaan memberikan respons yang sangat positif dengan hadirnya inovasi KUI KIMMI ini," tuturnya.

Berkat prestasinya ini, Atin berhak mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp17,5 juta.

Sementara Walikota Magelang, Sigit Widyonindito pun tak kalah bangga dengan raihan wakil dari Kota Sejuta Bunga itu. Selain mengharumkan nama daerah, Atin juga menjadi motivator bagi kalangan seusianya untuk mendapatkan prestasi serupa atau malah di atasnya.

"Tentu sangat membanggakan. Harapannya prestasi ini bisa menjadi motivasi generasi kita sehingga Kota Magelang tidak hanya dikenal sebagai daerah yang maju tetapi juga punya sumber daya manusia (SDM) luar biasa," kata Sigit (Kb.M2). 

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply