» » 6 Mata Air Besar di Magelang Mati, Bupati Giatkan Gerakan Tanam Pohon

kabarMagelang.com__Prihatin dengan banyaknya sumber mata air yang mulai berkurang, Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP. Adakan giat menanam pohon di lereng pegunungan dan di alur sumber mata air yang mati, Desa Seworan Kecamatan Grabag Senin (9/11/2020).

Penanaman pohon dilakukan dilahan yang miring, perbukitan, yang bertujuan untuk reboisasi dan berguna sebagai tangkapan air sehingga mata air akan tetap hidup.

“Kami agendakan penanaman ini disetiap  minggunya dengan berpindah-pindah lokasi terutama di daerah-daerah tangkapan air. Harapan kami dengan banyak menanam pohon besar seperti jenis beringin akan menyerap air sehingga ketersediaan  air akan selalu terpenuhi,” ungkapnya di sela-sela kegiatanya.

Zaenal Menyebutkan dari pantauan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magelang terdapat lebih dari seribu sumber mata air yang tersebar di seluruh wilayah Magelang, sedangkan sumber mata air yang sudah terukur debitnya sejumlah 268. Dari hasil pengukuran dari tahun 2017 hingga saat ini sudah tercatat 6 mata air besar yang mati belum sumber air kecil yang tak terhitung jumlahnya.

“Ini menjadi keprihatinan kita bersama. Sudah ada 6 mata air besar yang mati, diantaranya mata air Belan, Godek, Sitedeng, Laren dan Setro, dan Tamanagung, belum lagi mata air yang kecil-kecil,” jelasnya.

Oleh karena itu Bupati mengajak kepada seluruh lapisan masyarakt untuk tetap menjaga lingkungan agar tetap lestari.

“Dengan menjaga lingkungan alam sekitar maka ketersediaan air dan oksigen akan tetap terjaga hingga anak cucu kita,” ujar Bupati.

Pada penanaman kali ini Bupati bersama Dinas Lingkungan Hidup,Forkopimcam dan masyarakat Desa Seworan Kecamatan Grabag menanam tanaman beringin, Gondang, Aren dan Lainya di perbukitan Desa Seworan dengan mengendarai Sepeda motor Trail, mengingat medan yang cukup sulit.(Kbm2).

  

About kabarmagelang.com

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply