» » Kapolda Jateng Kerahkan Ratusan Personil Back Up Keamanan Pengunsi dan Daerah Yang Ditinggalkan

kabarMagelang.com__Polri back up penuh keamanan semua pengungsi Merapi di Magelang, baik di pengungsian maupun daerah yang ditinggal mengungsi. Hal tersebut ditegaskan oleh Kapolda Jawa Tengah  Irjen Pol Ahmad Luthfi, saat meninjau dan menyerahkan bantuan kepada pengungsi Merapi di Balai Desa Banyurojo, Kecamtan Mertoyudan, Magelang, Rabu (11/11/2020). 

Pada kesempatan tersebut Kapolda juga memastikan bahwa pada situasi pandemi Covid-19 ini

semua yang terlibat pada pengungsian Merapi tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Polri akan backup penuh keamanan di pengungsian dan wilayah yang ditinggal mengungsi. Tidak ada tempat yang ditinggal dibiarkan kosong begitu saja. Ada 270 personil yang berpatroli di sana, setiap harinya," ujar Kapolda.

Kapolda juga siap membantu kebutuhan yang diperlukan selama di pengungsian, terutama kelengkapan para pengunsi beristirahat.

"Kita sudah mengecek di pengungsian jika ada kekurangan tempat, di polres masih tersedia kurang lebih 1000 pasbet, se waktu-waktu dibutuhkan kita siapkan," katanya. 

Kapolda juga memastikan bahwa Warga Merapi di pengungsian harus mendapatkan jaminan kesehatan. Untuk itu  Polda Jawa Tengah telah mensiagakan  tim Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes) Polda Jateng, bersama bersama Urusan Kesehatan (urkes) Polres Magelang serta Dinas Kesehatan bersinergi memastikan di tempat pengungsian tidak menjadi klaster baru penyebaran covid-19.

“Dokkes sudah  kita backupkan terkait penanganan masyarakat di pengungsian, kita pingin tempat pengungsian yang semacam ini protokol kesehtannya betul-betul diperhatikan. Kita sudah kerjasama dengan  BNNP, provinsi dan Dinas kesehatan,” kata orang nomor satu di Polda Jateng ini.

Dalam arahanya Irjen Luthfi meminta agar tim dokkes dapat mendeteksi segera jika terdapat gejala covid diantara pengungsi.

“Begitu ada yang terdeteksi panas, langsung ditindaklanjuti  supaya tidak terjadi klaster baru Covid,” ujar Kapolda saat memberi pengarahan.

Bagi warga sekitar Merapi Kapolda Jateng juga berpesan agar selalu waspada dan ikuti petunjuk pemerintah, Laksanakan 3M, jaga keselamatan diri, keluarga dan hewan ternak.

"Masyarakat untuk segera mengungsi ke tempat yang telah disiapkan bila status Merapi semakin meningkat." Himbaunya.(Kbm2).

  

About kabarmagelang.com

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply