Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Sejumlah Kesenian Tradisional Magelang Gelar Supermoon Festival di Borobudur

kabarMagelang.com__Sejumlah kesenian tradisional di Magelang gelar Supermoon Festival Kampong Semar, Dusun Brongsongan, Desa Wringin Putih, Kecamatan Borobudur, Magelang baru-baru ini. Dengan mengangkat tema “Ruwat Bhumi” festival ini bertujuan merawat kekayaan tradisi, sekaligus mengaktualisasinya dalam perubahan masyarakat terkini.

Supermoon Festival diselenggarakan oleh sanggar Kinnara Kinnari Borobudur bekerjasama dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia serta Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah.

Pimpinan Kinara Kinari Borobudur Eko Sanyoto menjalaskan, Supermoon Festival digelar pada  20 – 21 November 2020. Sebuah perayaan kekayaan tradisi Indonesia dengan menampilkan sejumlah kesenian tradisi yang hidup di tengah masyarakat.

“Sedangkan Ruwat Bhumi adalah sebuah semangat manusia menghadapi perubahan iklim dan perubahan kesehatan dunia,” ungkapnya.

Eko menyebutkan supermoon festival di isi oleh beberapa jenis kesenian yang berasal dari berbagai penjuru Kabupaten Magelang. Seperti Absara Kinnara, Tari Gedruk, Tari Topeng Ireng, Tari Soreng, Tari Kubro Siswo dan Midnite.

“Meskipun dalam keadaan pandemic Covid-19 festival ini tetap berjalan lancar karena tetap mematuhi protocol kesehatan,” ujar Eko.

Dia berharap supermoon festival ini para penari dan para pengembang kebudayaan bisa termotivasi untuk tetap mengembangkan kebudayaan di Kabupaten Magelang.

“Dengan demikian kekayaan tradisi yang ada di Magelang dapat mterawat dan terjaga kelaestarianya,” harapnya.

Kepala Bidang Promosi dan  Kelembagaan, mewakili Kepala Disparpora Kabupaten Magelang, Andi Gunawan P mengapresiasi kegiatan tersebut sebagai bagian dari pelestarian leluhur.

"Sejak adanya pandemi covid-19, teman-teman seniman hampir tidak pernah ada job dan pentas. Namun demikian, mereka dituntut untuk tetap berkreasi dan berinovasi. walaupun dilaksankan dengan protokol kesehatan ketat, kegiatan ini seolah menjadi obat bagi para seniman sehingga tetap bisa produktif dengan garapan menjadi penunjang pariwisata bila dijadikan kalender event," tandasnya. (Kbm2).

  

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply