» » Kapolda Jawa Tengah Melaunching Cashless Polres Magelang dan SKCK Door to Door

kabarMagelang.com__Kapolda Jawa Tengah Irjend Pol. Ahmad Lutfi, melaunching program Cashless Polres Magelang dan SKCK Door to Door, di Mapolres Magelang, Kamis (25/2/2020). Program tersebut satu-satunya yang dilaunching di wilayah hukum Jawa Tengah dan merupakan inovasi kreatif dari Polres Magelang guna melayani masyarakat di masa pandemic Covid-19.

Hadir dalam launching Cashless Polres Magelang dan SKCK Door to Door, jajaran pimpinan Polda Jateng, seluruh pimpinan Polres Magelang, Dandim 07/05 Magelang, dan Sekda dan wakil ketua DPRD Magelang.

Kapolda Jawa Tengah Irjend Pol. Ahmad Lutfi mengatakan bahwa, sebenarnya ini sebagai program yang keenam prioritas Kapolri, dimana Polri harus memberikan pelayanan yang mudah dan cepat kepada masyarakat dengan memanfaatkan teknologi informasi.

“Diantaranya pelayanan perpanjangan pajak, SIM, kemudian SKCK dan lain sebagainya dimana dia tidak menggunakan transaksi cash tapi menggunakan barcode,” jelasnya.

Kapolda menyebutkan dengan aplikasi yang digunakan,  diharapkan tidak terjadi interaksi antara masyarakat dengan anggota.

“Di satu sisi masyarakat akan terdidik sehuingga tidak menjadi celah bagi anggota kita untuk melakukan pelanggaran,” ujar Kapolda.

Di sisi lain dalam masa pandemi Covid-19 ini tidak terjadi kerumunan di sentra-sentra pelayanan publik.

“Kemudian untuk SKCK door to door ini akan menjadi efektif bahwa anggota Polri akan menjemput bola kepada masyarakat yang membutuhkan SKCK,” ungkapnya.

Kapolda menambahkan bahwa hadirnya Polri di tengah masyarakat, merupakan representasi negara hadir, diantaranya datang ke rumah masyrakat untuk memberikan pelayanan.

“Dari Magelang ini,  kita perintahkan seluruh jajaran Polda Jawa Tengah untuk melakukan hal yang sama,” tegas Kapolda.

Sementara Kapolres Magelang AKBP. Ronal A Purba, menegaskan bahwa sesuai dengan program 100 hari Kapolri, salah satunya dalam situasi pandemic Covid-19, perlu adanya inovasi kreatif dan terobosan-terobosan dalam melayani masyarakat.

“Bagaimana dalam situasi pandemic Covid-19 kita tetap bisa produktif dan aman. Yang kedua program SKCK Door to Door ini adalah bagaimana mengamankan dan melayani masyarakat serta tidak ada lagi transaksi tunai, yang kita kenal dengan Cashless dimana tidak ada lagi uang yang jalan. Hal ini juga untuk meminimalisir kemungkinan tindakan pungli,” ungkapnya.

Kapolres menyatakan dalam pelaksanaan SKCK Door to Door petugas memberikan pelayanan langsung menjemput ke rumah masyarakat yang membuat SKCK.

“Kami telah menyiapkan sarana dan prasarana serta petugas, agar masyarakat yang memiliki kesibukan dan keterbatasan tidak perlu datang ke Polres untuk membuat SKCK. Ini merupakan persembahan Polres Magelang kepada masyarakat,” pungkasnya.(Kbm2) 

About kabarmagelang.com

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply