Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » » Wates Beningan dan Wates Tengah, Kampung Religi Pertama di Kota Magelang

KabarMagelang.com__Kampung Wates Beningan dan Wates Tengah, Kelurahan Wates, Kecamatan Magelang Utara, dicanangkan sebagai Kampung Religi oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang. Kampung religi merupakan salah satu program kerja 100 hari kepemimpinan Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz dan Wakil Wali Kota Magelang M. Mansyur.

"Salah satu visi misi kami adalah membuat Kampung Religi. Di sini akan tercermin sebuah toleransi, bahwa semakin tinggi religiusitas, semakin kita taat pada Tuhan yang Maha Kuasa maka akan semakin baik dalam bertoleransi, tidak akan mungkin terjadi radikalisme," jelas Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz, dalam sambutan pencanangan Kampung Religi di Balai RW 2 Kampung Wates Beningan, Jumat (9/4/2021).

dr. Aziz menyatakan akan ada kegiatan-kegiatan positif dalam rangka peningkatan keimananan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa di Kampung Religi, bukan hanya agama Islam tapi juga agama lain. Ia pun mencontohkan Kota Salatiga yang dikenal sebagai kota toleransi terbaik di Indonesia.

"Yang dimaksudkan pencanangan Kampung Religi nanti ada hal-hal positif yang terjadi, peningkatan ibadah dan pemahamannya meningkat, juga kegiatannya. Apalagi menjelang ramadhan ini dalam Islam akan ada syiar tapi harus patuh protokol kesehatan," terang dr. Aziz.

Pihaknya berharap, pencanangan ini diberkahi Allah SWT sehingga ke depan Kota Magelang juga semakin baik, baldatun thayyibatun wa robbun ghofur. Pada kesempatan itu ia mengingatkan Kampung Religi harus bersinergi dengan program lain seperti program pengentasan kemiskinan.

Wakil Wali Kota Magelang M. Mansyur menambahkan beberapa indikator Kampung Religi, antara lain keimanan dan ketaqwaan warga terhadap Tuhan Yang Maha Esa, pengetahuan keagamaan semakin luas dan luwes dan toleran.

"Kemudian, kerukunan umat beragama semakin lestari, pengamalan ibadah mantab, tempat-tempat ibadah makmur, dan masyarakatnya berakhlakul karimah. Masyarakatnya juga semakin gigih, giat dan aktif ikut serta dalam pembangunan Kota Magelang," kata dia.

Kepala Bagian Kesejahteraan Setda Kota Magelang Hadi Sutopo mengemukakan, adanya pencanangan Kampung Religi merupakan salah satu wujud bahwa Kota Magelang merupakan Kota yang religius. Pencanangan pertama di Kampung Wates Beningan dan Wates Tengah yang diharapkan menjadi contoh untuk kelurahan-kelurahan lain.

"Kampung Religi adalah program 100 hari kerja pertama. Kampung Wates Beningan dan Wates Tengah adalah kampung yang pertama di Kota Magelang. Sebelumnya warga sudah membentuk tim Kampung Religi dan setelah dicanangkan kami bersama opd terkait akan sengkuyung mewujudkan Kampung Religi," kata Hadi.

Harapan ke depan, pencanangan ini menjadi contoh untuk kelurahan-kelurahan yang lain, karena sesuai rencana secara bertahap setiap kelurahan terdapat Kampung Religi. (Kbm2).

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply