Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Guguran Awan Panas Gunung Merapi Akibatkan Sebagian Wilayah Magelang Hujan Abu

KabarMagelang.com__Pagi ini terjadi guguran awan panas di Gunung Merapi, Senin (16/8/2021). Akibat guguran awan panas tersebut, beberapa wilayah kecamatan di Kabupaten Magelang mengalami hujan abu hingga intensitas sedang-tebal.

Menurut update informasi BPPTKG, Awan panas guguran Merapi pagi tadi terjadi sebanyak dua kali. Pertama pada  pukul 5.36 WIB tercatat di seismogram dengan amplitudo 49 mm dan durasi 165 detik. Jarak luncur 2.000 m ke arah barat daya.

Yang kedua pada pukul 5.53 WIB tercatat di seismogram dengan amplitudo 66 mm, durasi 289 detik, dan tinggi kolom 600 m dari puncak. Jarak luncur 3.500 m ke arah barat daya. 

Dari laporan yang tercatat oleh Pusdalops BPBD, hujan abu terjadi di beberapa wilayah KRB Merapi dan sekitarnya.

Wilayah yang terjadi hujan abu di Kecamatan Dukun dengan intensitas sedang-tebal. Desa tersebut antara lain Krinjing, Paten,  Sengi, dan Banyudono.

Guyuran hujan abu berinten sedang-tebal juga terjadi di wiilayah Kecamatan Sawangan yakni Desa Kapuhan, Mangunsari,  Soronalan dan Desa Ketep.

Kemudian di bebarap Desa wilayah Kecamatan Tegalrejo dengan intensitas hujan abu  sedand, dantaranya Desa Tegalrejo, Desa Kebonagung dan  Desa Ngadirejo.

Beberapa kegiatan dan upaya yang dilakukan BPBD Kabupaten Magelang, yakni Pemantauan wilayah terdampak melalui perangkat CCTV Merapi dan Radio komunikasi.  Koordinasi dengan BPPTKG, TRC Kecamatan, Pemdes terdampak serta himbauan kepada masyarakat untuk tetap tenang dan waspada. (Ad).

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply