» » Pengelolaan TPS dan Pemberdayaan Masyarakat Untuk Menjaga Lingkungan dan Mengurangi Sampah di RW 4, Potrobangsan, Kecamatan Magelang Utara dan Kota Magelang

    

Tim KKN UNS 76 Melaksanakan sosialisasi edukasi sampah dengan medis MMT dan Poster

    Tim KKN (Kuliah Kerja Nyata) UNS 76 yang terdiri dari Arya Cahyo Nugroho (Ekonomi Pembangunan) sebagai ketua tim, dengan anggotanya yaitu Riza Choirul Umam (Ilmu Hukum), Agnes Silvia Ananda (Akuntansi), Akhdan Faiz Amanullah (Akuntansi), Dewi Purwa Nugraheni (Ekonomi Pembangunan), Farizky Andhika Aridani (Manajemen), Muhamad Satya Ragil Kencono (Manajemen), Naomi Larastiti Ave Regina (Ilmu Hukum), Shafa Amartya Felianna (Manajemen), serta Ibu Sugini, S.Pd., M.Pd. selaku dosen pembimbing lapangan melakukan pengabdian masyarakat dengan terjun langsung untuk melaksanakan berbagai program kerja. Tema yang diangkat dalam KKN ini adalah mengenai lingkungan hidup. Adapun judul dari KKN yang diinisiasi tim ini yaitu “PENGELOLAAN TPS DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UNTUK MENJAGA LINGKUNGAN DAN MENGURANGI SAMPAH DI RW 4, POTROBANGSAN, KECAMATAN MAGELANG UTARA, KOTA MAGELANG" 

Tim KKN UNS 76 foto bersama Bapak Kepala RW 4 Potrobangsan

Alasan di balik pemilihan judul KKN tersebut adalah karena tim KKN 76 ingin meningkatkan kesadaran masyarakat RW 04 Potrobangsan dalam mengurangi penggunaan sampah, meningkatkan dan mengembangkan potensi UMKM di RW 4 Potrobangsan terutama dengan adanya Potrolarva sebagai usaha yang bergerak di bidang peternakan maggot, serta memberikan edukasi seputar Covid-19 kepada masyarakat.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangkaian KKN yang diadakan oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta pada periode Juli-Agustus tahun 2021.

    Tim KKN UNS 76 telah melakukan survei lokasi untuk melakukan pengabdian di Kota Magelang, berdasarkan hasil survei tersebut maka terpilihlah RW 4 Potrobangsan, Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang sebagai lokasi pelaksanaan KKN. Magelang yang pernah mendapatkan penghargaan sebagai kota adipura, tentunya tidak terhindar dari masalah sampah. Pemilihan lokasi ini didasarkan pada penuturan Bapak Adhi selaku ketua RW 4, Kelurahan Potrobangsan, Magelang Utara dan aktivis lingkungan di KSM Potro Anggrek, bahwa setiap harinya warga Kota Magelang menghasilkan sebanyak 土 70 Ton sampah. Tanpa penanganan yang berkelanjutan dan memadai, masalah ini bagaikan bom waktu yang dapat meledak sewaktu-waktu. Maka dari itu, kami dari tim KKN kelompok 76 berinisiatif untuk membantu perjuangan Bapak Adhi dan aktivis lainnya dalam meringankan beban masyarakat menengah bawah serta masalah sampah yang sedang terjadi.

Pelaksanaan sosialisasi gerakan menabung seribu sehari (GANAS)

    Pelaksanaan KKN yang dilakukan oleh tim KKN 76 terdiri dari beberapa program utama dan program penunjang. Untuk program utama terdapat “Pembuatan Tempat Biopond Pembesaran Maggot”, di mana biopond ini nantinya akan digunakan sebagai tempat berkembang biak dan budidaya maggot. Program utama lainnya adalah “KKN 76 Berbagi”, yaitu pembagian sembako bagi para warga di RW 4 Potrobangsan. Adapun program-program kerja lainnya yaitu sosialisasi COVID-19, sosialisasi penyakit masa tua, sosialisasi edukasi sampah, pendampingan belajar, GANAS (Gerakan Menabung Seribu Sehari), dan lain sebagainya.


Pelaksanaan proses pembuatan biopond untuk kandang dan budidaya maggot


About Kabar Magelang

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

1 comments: