Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » » Sandiga Uno Berharap UMKM Kota Magelang Bisa Antisipasi Lonjakan Pariwisata Borobudur

KabarMagelang.com__Kebangkitan UMKM dan kewirausahaan di Kota Magelang diharapkan bisa mengantisipasi lonjakan pariwisata yang dipicu distinasi super prioritas Candi Borobudur.

Hal tersebut disampaikan Sandiaga saat menghadiri 'Pengembangan Kabupaten Kota (Kata) Kreatif Indonesia, Workshop Pelaku Ekonomi Kreatif' di Hotel Puri Asri, Kota Magelang, Kamis (7/10/2021).

Sandi mengungkapakan untuk pengembangan Kata Kreatif Indonesia, Kota Magelang merupakan yang ke-16 dari 25 yang dibantu kurasi. 

"Alhamdulillah hari ini kita melihat penciptaan lapangan kerja. Penciptaan lapangan kerja ini dibutuhkan di tengah pandemi, mempertahankan lapangan kerja ini adalah tugas dari seluruh ekosistem ekonomi dan pemerintah memfasilitasi dengan beberapa program, salah satunya adalah program kata kreatif ini," jelasnya.

Program kata kreatif,  Kota Magelang adalah yang ke-16 dari 25 kota maupun kabupaten yang dilakukan.

"Ini sudah mengikuti uji petik sebagai kota kuliner dan ini kota ke-16. Jadi ini sudah 16 dari 25 yang kita bantu kurasi. Kami hadir untuk memberikan bantuan UMKM dan kewirausahaan. Tadi ada inovasi, ada kolaborasi, ada juga adaptasi yang kita lakukan di tengah pandemi. Mudah-mudahan tercipta geliat ekonomi dan kebangkitan pemulihan di Kota Magelang khususnya untuk mengantisipasi pariwisata yang akan terpicu oleh magnet super prioritas destinasi yaitu Borobudur," papar Sandi Uno.

Sandi menyatakan, dalam era 4.0 ini tidak bisa dilakukan dengan cara-cara lama, dan  diperlukan adanya upskilling dan reskilling.

"Kita tidak bisa lagi menggunakan cara-cara lama dalam menghadapi era inovasi 4.0, oleh karena itu program upskilling dan reskilling ini kami fasilitasi," ungkapnya.

Sandi Uno menegaskan geliat ekonomi dan UMKM Kota Magelang dalam menghadapi destinasi super prioritas Borobudur akan dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo.

"Akan saya laporkan kesiapan dari destinasi super prioritas Borobudur yang ditopang oleh geliat Kota Magelang menyiapkan diri menghadapi lonjakan pariwisata dengan protokol kesehatan dengan integrasi aplikasi PeduliLingdungi. Kita harapkan akan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari pembukaan kembali kegiatan ekonomi dan pariwisata ekonomi kreatif di Kota Magelang," ujar Sandi.

Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz mengatakan, dengan kunjungan Menparekraf ini diharapkan produk-produk di Kota Magelang semakin dikenal di seluruh Indonesia hingga luar negeri.

"Saya mengucapkan terima kasih atas kunjungannya Pak Menteri, Alhamdulillah Magelang menjadi salah satu tempat yang dikunjungi beliau. Mudah-mudahan dengan kunjungan, Kota Magelang semakin dikenal dan produk-produknya bisa diterima di seluruh Indonesia maupun di luar," kata Aziz. (Kbm2).

 

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply