Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Rekontruksi Pembunuhan Berencana Oleh Dukun Pengganda Uang Tergambar Jelas

kabarMagelang.com__Satreskrim Polres Magelang menggelar rekontruksi ulang kasus tindak pidana pembunuhan berencana yang mengakibatkan empat orang korban meninggal dengan tersangka dukun pengganda uang IS (57) di Makodalmas komlpek Mapolres Magelang, yang didesain menyerupai ruangan dalam rumah tersangka, Kamis (25/11/2021).

Secara kesuluruhan pada rekontruksi tersebut terdapat 47 adegan untuk tiga kasus kejadian dengan jumlah korban empat orang. Pada adegan ke 10 tampak tersangka IS warga Dusun Karangtengah, Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Magelang ini memperagakan bagaimana cara mencampur potassium dengan air putih untuk para korbanya.

Kapolres Magelang AKBP. Mochammad Sajarod Zakun mengungkapkan rekontruksi terpaksa dilaksanakan di lingkungan Mapolres Magelang, dengan pertimbangan keamanan serta untuk  menghindari kerumunan mengingat di Kabupaten Magelang masih berstatus level 2 Covid-19.

“Ini demi menghidari hal-hal yang tidak kita inginkan sehingga rekontruksi dilaksanakan di Polres. Selain itu kenapa tidak dilaksanakan di lokasi kejadian juga bertujuan untuk mencegah kerumunan di lokasi kejadian,” ungkapnya.

Rekontruksi yang berlangsung selama kurang lebih satu jam ini yang bersangkutan (tersangka) didampingi pengacara dan disaksikan oleh JPU dari Kejaksaan Negeri Kabupaten Magelang, dengan tujuan agar perbuatan yang dilakukan oleh tersangka bisa tergambar jelas.

“Adapun tujuan rekontruksi juga untuk melengkapi berkas perkara yang saat ini masih dilaksanakan oleh penyidik,” jelas Sajarod.

Dia menyebutkan bahwa secara kesluruhan pada rekontruksi yang juga dihadiri oleh beberapa saksi ini terdapat 47 adegan yang diperagakan langsung oleh tersangka IS.

“Sebagnyak 47 adegan itu untuk tiga kasus kejadian dimana dua kasus terjadi pada tahun 2020 dengan korban dua orang. Kemudian satu kasus kejadian pada tahun 2021 dengan korban dua orang, jadi tiga kasus kejadian tersebut jumlah korban ada empat orang,” ujarnya.

Namun demikian Kapolres menegaskan rekontruksi ini masih difokuskan pada kasus kejadian yang terakhir pasalnya kasus sebelumnya masih berproses.

“Rekontruksi ini kita fokuskan pada kejadian yang terakhir, karena untuk kasus kejadian sebelumnya masih berproses,” tambah Kapolres.

Kasatreskrim Polres Magelang AKP M. Alfan Amin menandaskan bahwa tersangka dalam melakukan pencampuran obat potassium yang mengandung sianida dengan air putih terjadi pada adegan ke 10.

“Iya pada adegan ke 10 bagaimana tersangka IS ini mencampur obat potassium dengan air putih,” tandasnya.

Sementara jaksa penuntut umum dari Kejari Magelang Tata Hendrata, menuturkan dari rekontruksi ulang sudah tergambar jelas dugaan pembunuhan berencana.

Mulai dari tersangka membeli apotas di toko pertanian maupun saat korban meracik minuman dengan apotas.

"Ini kan masih penyidikan. Dari kepolisian tim penyidik menyangkakan pembunuhan berencana atau pembunuhan biasa," ujarnya. (Ad).

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply