Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Hadir di Kawasan Candi "Borobudur Peace Studio" Siap Wadahi Perupa Berbagai Kalangan

kabarMagelang.com__Di kawasan Candi Borobudur, Magelang, kini ada ruang bagi para perupa untuk berkarya seni. Tempat teresebut adalah “Borobudur Peace Studio”, berlokasi di Jalan Badrawati, Dusun Ngaran II, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, masih satu komlpek dengan rumah ketela Borobudur.

Menariknya Borobudur Peace Studio ini bukan hanya untuk para perupa di Magelang, melainkan terbuka terbuka bagi para perupa dari mana saja. Kehadiran Borobudur Peace Studio ini diharapkan nantinya bisa juga menjadi distinasi wisata penyangga di kawasan Candi Borobudur.

Pembukaan Borobudur Peace Studio yang bertepatan dengan Perayaan Natal ini, dihadiri sejumlah perupa seperti Bayu Wardhana, Sony Santosa, Deddy Paw, seniman Sutanto Mendut dan lain-lainnya.

Salah satu inisiator dari Village Peace Kuswidiantoro mengungkapkan bahwa Borobudur Peace Studio ini terinpirasi dari Village Peace yang berada di Ngaglik, Sleman. Kenapa disebut peace karena semua senang damai.

“Kami berawal dari village peace, desa damai, kebetulan arahan Ibu Yenny Wahid. Kenapa kita sebut peace karena kita semua senang damai. Jadi kalau berkarya bisa dengan damai, berkarya bisa tidak harus gontok-gontokan atau apa, itu mungkin jalan atau jalanya lebih enak,” ungkapnya di Borobudur Peace Studio, Sabtu (25/12/2021).

Dia menilai perupa yang ada di sekitar Candi Borobudur sangat banyak akan tetapi ruang atau wadah bagi mereka (perupa) masih kurang sehingga ada beberapa hasil karyanya kurang mendapatkan kesempatan.

“Borobudur Peace Studio bukan galeri, kita nggak muluk-muluk maka kita sebut studio. Sebenarnya inisiasinya adalah mungkin perupa disini ini banyak, tapi wadahnya kurang. Jadi itu yang menyebabkan sebenarnya perupa-perupa itu mungkin punya karya, tapi nggak punya kesempatan,” ujarnya.

Kuswidiantoro juga menjelasakan bahwa di Borobudur Peace Studia ini nantinya para perupa dan seniman lain bebas untuk berkaya. Dan terbuka untuk semua perupa dari manapun.

“Ini sebenarnya ruang buat para perupa untuk berkarya, tidak harus yang sudah gede atau yang apapun, tapi semua boleh berkarya disini. Kita harapkan semoga tempat ini bisa jadi ruang untuk teman-teman perupa untuk berkarya,” kata Kuswidiantoro.

Diapun mengiyakan saat disinggung jika Borobudur Peace Studio nantinya dikunjungi para turis, atau wistawan, pasalnya lokasi tersebut dinilai eksotis dan paketnya lengkap.

“Ini wis paket lengkap, eksotis kalau menurutku. Aku nggak menggada-ada, cuman nggak tahu kenapa semesta juga mengamini. Di tempat ini teman-teman semua baik-baik, semoga kedepannya lancar. Kalaupun akhirnya jadi destinasi para wisatawan, ya Alhamdulillah. Itu istilahnya complitmen,” pungkasnya.(Kbm2).

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply