Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Mahasiswa Fakultas Hukum UNIMMA Dampingi Pengurusan SPP-IRT dan Setifikasi Halal Home Industri Jenang Lot di Kabupaten Magelang

 

Kelompok Mahasiswa yang tergabung dalam Program Pengabdian Masyarakat Terpadu (PPMT) Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) gelar sosialisasi dan pendampingan cara pendaftaran Sertifikat Produk Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT) kepada pelaku usaha home industri jenang lot Dusun Bojong 2, Desa Bojong, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang (Kamis, 13 Januari 2022).

Dosen Pembimbing Lapangan Dakum, S.H.I., M.H. sambutannya mengatakan, “kegiatan sosialisasi dan pendampingan ini merupakan program PPMT yang diselenggarakan oleh Fakultas Hukum UNIMMA dan serupa dengan program KKN bagi mahasiswa.” Menurut beliau, adanya SPP-IRT dan sertifikasi halal bagi home industri ini agar pemasaran yang dilakukan lebih luas jangkauannya dan jaminan keamaan bagi konsumen, imbuhnya. Kelompok mahasiswa  PPMT Fakultas Hukum UNIMMA pada home industri jenang lot di dusun Bojong ini terdiri dari 5 orang mahasiswa yakni Amiyati, Astuty Wahyuningsih, Mura Aristina, Rani Setiawati, dan Yusuf Fathoni. 


    Mura Aristina saat menyampaikan sosialisasi mengatakan, SPP-IRT merupakan sebuah upaya pengawasan pemerintah dalam hal makanan yang dihasilkan dari industri rumah tangga. Pengurusan SPP-IRT dan sertifikasi halal perlu disiapkan beberapa prosedurnya, kata Mura. Selain itu adanya serertifikasi halal juga menjadikan jaminan keamanan dan kehalalan bagi produk jenang lot, sehingga konsumen akan lebih percaya dan merasa aman. Menurut Astuty sebaiknya pelaku usaha home industri sebelum melakukan pendaftaran SPP-IRT dan sertifikasi halal sebaiknya memahami syarat-syarat dan alur yang ada agar proses pendaftaran berjalan dengan lancar.

Pemilik usaha home industri jenang lot di dusun Bojong 2 ibu Siti Maesaroh mengatakan, usaha yang sudah dirintis dari orangtuanya sudah sekitar 19 tahun belum memiliki SPP-PIRT dan setifikasi halal dari pemerintah, walaupun selama ini kata Maesaroh usahanya sangat lancar dan banyak pembelinya. Beliau sebenarnya sudah menginginkan memiliki SPP-IRT dan sertifikasi halal sejak lama, namun masih bingung bagaimana cara mengurusnya. Adanya kegiatan ini Maesaroh sangat berharap dapat segera memiliki SPP-IRT dan sertifikat halal usaha jenang lotnya, pungkasnya.

Setelah kegiatan sosialisasi terkait pengurusan SPP-IRT dan sertifikasi halal ini selesai kemudian dilanjutkan pendampingan dalam proses pengurusannya. Target yang diharapkan oleh tim PPMT dusun Bojong 2 yakni pemilik usaha home industri jenang lot di dusun Bojong 2 mendapatkan SPP-PIRT dan sertifikasi halal bagi produknya. 



About Kabar Magelang

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply