Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » PWI Kabupaten Magelang Hijaukan Sendang Maren

kabarMagelang.com__Ketua PWI Jawa Tengah, Amir Machmud NS mengatakan, sudah ke dua kalinya ia menghadiri acara Hari Pers Nasional di Kabupaten Magelang yang ia simpulkan berbeda dari peringatan HPN di Kabupaten/Kota lainnya di Jawa Tengah. Hal tersebut diungkapkan saat menghadiri kegiatan penanaman pohon di Sendang Maren, Sawangan dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) Kabupaten Magelang tahun 2022, Jumat (4/2/2022).

Amir Machmad mengatakan sudah dua kali merasakan puncak peringatan HPN yang diselenggarakan oleh PWI Kabupaten Magelang selalu memancarkan cinta serta kasih sayang, karena telah memilih spot kegiatan yang menunjukkan keberpihakan pada kelangsungan ekosistem sekitar.

"Dari tahun 2019 dan 2022 nyata benar yang dilakukan oleh kawan-kawan PWI di Kabupaten Magelang," katanya.

Amir menekankan, kewajiban dan tugas organisasi PWI ini harus mampu mengait dan membangun kemartabatan, profesionalitas, serta eksistensi. Menurutnya, kemartabatan wartawan adalah bagian dari ruh perjalanan profesi dan organisasi yang mesti dimahkotakan.

"Ketika para mitra kerja memberikan respect nyata, penghargaan nyata kepada kita dan profesi kita. Maka cara membalasnya dengan menunjukkan profesionalitas dengan kemampuan Jurnalistik yang nyata dan etika jurnalistik yang bisa dirasakan oleh semua masyarakat," tuturnya.

Bupati Magelang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Adi Waryanto menyampaikan kegiatan menanam pohon pada Hari Pers Nasional Tahun 2022 di pandang merupakan agenda kegiatan yang sangat tepat untuk dilaksanakan di situasi saat ini.

“Sebagaimana diketahui bersama di musim penghujan banyak terjadi bencana alam seperti tanah longsor dan banjir sehingga dengan menanam pohon merupakan bagian dari upaya pencegahan akan terjadinya bencana alam seperti tanah longsor dan banjir tersebut," katanya.

Selaras dengan tema yang diusung yaitu 'Memayu Banyu, Ngreksa Wana' dan sejalan dengan telah dianugerahinya Desa Sawangan berupa Tropi Proklim kategori Utama dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Tahun 2021, Adi Waryanto berharap agar kegiatan ini menjadi pemicu untuk senantiasa menjaga dan melestarikan alam.

"Harapan saya kegiatan tidak berhenti disini saja, tetapi bisa membuat program-program lain yang bisa mendukung agar alam tidak mengalami krisis dan kelangsungan makhluk hidup bisa berlanjut," ungkapnya.

Kepala Desa Sawangan, Harianto mengucapkan selamat Hari Pers Nasional sekaligus mengucapkan terimakasih kepada PWI Kabupaten Magelang yang telah memilih lokasi di Sendang Maren untuk pelaksanaan HPN tahun 2022 ini, dengan mengangkat tema 'Memayu Banyu Ngreksa Wana'.

"Mudah-mudahan apa yang telah dilaksanakan oleh PWI Kabupaten Magelang benar-benar bisa bermanfaat utamanya bagi masyarakat Desa Sawangan dan sumrambah untuk Kabupaten Magelang," ucap, Harianto.

kegiatan penanaman pohon di sumber mata air Dusun Semaren, Desa Sawangan yang dilaksanakan PWI Kabupaten Magelang ini merupakan pilihan yang sangat tepat karena di sumber mata air ini telah dimanfaatkan dan dikelola oleh PDAM Tirta Gemilang, sebagai penyuplai air nomor 2 di Kabupaten Magelang.

"Jadi Alhamdulilah dari PWI ini mengadakan penanaman pohon di sumber mata air Dusun Semaren ini sangat tepat. Semoga kegiatan ini dapat mendorong warga setempat untuk melestarikan alam sekitar," katanya.

Harianto juga mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Magelang dan Dinas Lingkungan Hidup atas bimbingan yang telah diberikan kepada Desa Sawangan sehingga bisa meraih penghargaan Proklim Utama pada tahun 2021 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Ia berharap, di tahun yang akan datang melalui bimbingan yang diberikan oleh Pemerintah, Desa Sawangan bisa meningkatkan perolehan penghargaan dari Proklim Utama menjadi Proklim Lestari.

"Semoga ke depan kita bisa meningkatkan penghargaan yang diperoleh menjadi Proklim Lestari," pungkasnya.(Kbm2).

 

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply