Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Akhlis Warga Lereng Menoreh Yang Sukses Berternak Lebah Hingga Dikunjungi Ganjar

kabarMagelang.com__Berawal dari gemar mengkonsumsi madu untuk mencegah sakit sariawan, Akhlish Nurdyansyah, warga Desa Tuksongo, Kecamatan Borobudur, Magelang, kini menjadi peternak lebah madu dan berpenghasilan cukup tinggi. Bahkan untuk memenuhi pesanan saat ini merasa kesulitan karena terlalu banyak permintaan, meskipun usahanya ada di beberapa tempat.

Akhlis saat ditemui di rumahnya mengungkapkan mulai bergelut dengan lebah madu sejak 2019 lalu, berawal dari kesukaanya mengkonsumsi madu sebagai alternatif obat sariawan. Pasalnya akhlis dari dahulu sering sakit bibir pacah-pecah.

“Dulu mikirnya yang penting sehat,” katanya  saat ditemui di rumahnya  belum lama ini.

Dia menjelaskan karena madu sudah dianggap menjadi kebutuhan, dan saat itu didapat hanya dengan membeli, kemudian dia berpikir bagaimana jika bisa bertenak lebah madu sendiri.

“Dari situ kita mencoba bertenak sendiri. Awalnya kita mecoba di beberapa lokasi di kawasan perbukitan Menoreh. Ternyata Alhamdulillah bisa berhasil,” ujarnya.

Selain di kawasan perbukitan Menoreh kini usaha yang ditekuni seudah merambah ke luar daerah seperti di Boyolali dan Temanggung, dengan tim kerja yang dimilikinya.

Dalam sebulan, hasil yang dipanen sedikitnya 70 botol sirup jenis madu cerana. Kemudian madu mallifera sekitar 3 hingga 4 kuintal. Dan madu klanceng kurang leih 20 kg.

“Selain madu murni, saya juga berinovasi, dengan mengombinasikan madu dengan ginseng dan bawang lanang. Untuk orang sakit jantung, asam urat, dan yang lainya,” jelas Akhlis.

Pada masa pandemi (2020-2021) kemarin permintaan madu semakin melejit, bukan hanya dari Magelang namun hingga Ngawi, jember, Purwkarta, Cilegon, Bekasi, dan Jakarta.

“Kita pasarkan juga melalui reseller. Untuk permintaan melalui online, sampai sekarang masih banyak yang belum bisa terpenuhi,” ujarnya.

Bahkan madu hasil pertenakannya ini semakin dikenal setelah berkesempatan mengikuti promosi melalui Lapak Ganjar milik Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Instagram pada Februari kemarin.

“Sebenarnya waktu itu gagal paham. Saya itu kirim video waktu panen, tapi malah saya yang dicari. Dan benar Pak Ganjar datang sendiri. Sekarang tidak ada stok lagi, begitu ada langsung habis,” pungkasnya.(Kbm2).

  

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply