Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Beri Kuliah Umum Di Polbangtan Kementan, Bupati Magelang Mengajak Generasi Muda Kembangkan Usaha Bidang Pertanian

kabarMagelang.com__ Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP, menegaskan sektor pertanian di Kabupaten Magelang masih menjadi unggulan. Oleh karena itu Zaenal mengajak agar para generesi muda memiliki minat untuk bergerak dibidang pertanian. Hal tersebut sering dengan harapan yang disampaikan Presiden Joko Widodo di beberapa kesempatan bahwa ke depan akan terjadi pertarungan pangan,

"Saya mengajak anak-anak muda/milenial di Polbangtan Yogyakarta-Magelang ini bisa segera menyesuaikan dengan perubahan, agar kita tidak ditinggal oleh negara-negara yang lain," kata Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP saat memberikan kuliah umum di Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Kementan Yogyakarta-Magelang, Tegalrejo Magelang, Kamis (2/6/2022).

Zaenal berharap, melalui Polbangtan Yogyakarta-Magelang ini akan bermunculan enterpreneur-enterpreneur muda/milenial di sektor pertanian khususnya untuk di Kabupaten Magelang.

"Mahasiswa Polbangtan ini akan dilepas untuk langsung terjun di lapangan, kemudian hasil di lapangan akan tersampaikan dan akan menjadi sebuah kebijakan. Sehingga kita akan kerja bareng untuk memajukan pertanian di Kabupaten Magelang," ujarnya.

Dia menyebutkan semua jenis pertanian di Kabupaten Magelang sangat potensial dan bisa menjadi unggulan, karena semua hasil bumi sangat dibutuhkan. sehingga tidak terpatok pada satu sektor pertanian unggulan saja.

"Pangan itu bentuknya macam-macam. Nah macam-macam ini harus kita hadirkan, karena di Eropa sana tidak akan bisa seperti di sini. Maka keunggulan alam ini yang harus dimanfaatkan oleh anak-anak muda sebagai garda terdepan untuk menjaga kedaulatan pangan kita nantinya,”  terang Zaenal.

Sementara, Direktur Polbangtan Yogyakarta-Magelang, Bambang Sudarmanto menandaskan, terobosan terus menerus dilakukan Kementerian Pertanian untuk memajukan pertanian Indonesia. Tak terbatas pada kebijakan dan teknologi semata, peningkatan kualitas SDM pertanian juga tak luput dari gebrakan yang dibuat di bawah komando Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Adapun langkah strategis kementan yang telah dilakukan antara lain, pembentukan jaringan petani nasional dan juga Duta petabi Milenial, Duta Petani Andalan (DPA DPM), Bimbingan teknis dan pelatihan tematik bagi pemuda tani, penumbuhan wirausaha muda pertanian (PWMP) utk siswa SMK, mhs dan alumni Fakultas Pertanian dan Pelatihan kewirausahaan petani.

Selain itu peran Polbangtan dalam pengembangan potensi pertanian di Kabupaten Magelang diantaranya, bekerjasama dengan Dinas setempat dan penyuluh dalam pemberdayaan petani, Pembinaan desa mitra, membuka konsultasi agribisnis dan peningkatan kompetensi bagi petani dan penyuluh.

"Agar mahasisea dapat mandiri dan profesional dalam proses belajar, mahasiswa Polbangtan, dilakukan melalui pembentukan karakter yang kuat dan pembinaan kedisiplinan ketat, pembelajaran sesuai kondisi nyata melalui Teaching Factory, serta lebih banyak terjun dilapangan dan melibatkan praktisi," tandasnya.(Kbm2).

 

 

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply