Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » » Forum Anak Obama Kota Magelang Pelopor dan Pelapor Pemenuhan Hak Anak

KabarMagelang.com__Forum Anak Organisasi Bocah Asli Magelang (Obama) masa bakti 2022-2024 secara resmi dilantik oleh Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz di Pendopo Pengabdian rumjab Wali Kota Magelang, Kamis (20/10/2022). Pelantikan dihadiri oleh Bunda Forum Anak Obama Niken Ichtiaty Nur Aziz, jajaran pejabat Pemkot Magelang dan segenap tamu undangan.

Forum Anak Obama adalah wadah dalam rangka pemenuhan hak partisipasi anak yang dibentuk secara berjenjang, mulai tingkat nasional, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa/kelurahan. Forum ini beranggotakan siswa-siswi SMP-SMA berusia sekitar 13-18 tahun.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP4KB) Kota Magelang, Khudoifah menjelaskan, pelantikan Forum Anak Obama ini dilakukan setelah berakhirnya masa bakti Forum Anak Obama 2019-2022.

Tujuan pelantikan adalah untuk regenerasi pengurus Forum Anak OBAMA di Kota Magelang, membentuk salah satu Lembaga yang mewadahi aspirasi anak-anak dalam rangka pemenuhan hak anak dan menjadi salah satu jembatan antara pemerintah dan anak dalam pembangunan.

"Forum ini juga untuk meningkatkan kapasitas, pemahaman, pengetahuan, kesadaran, dan perannya sebagai Pelopor dan Pelapor (2P) pemenuhan hak anak," kata Khudoifah.

Bunda Forum Anak Obama, Niken Ichtiaty Nur Aziz mengatakan, setelah pelantikan ini dirinya segera bertemu dengan para pengurus baru untuk selanjutnya menyusun program-program Forum Anak Obama ke depan. Menurutnya, program-program akan dikolaborasikan dengan program TP PKK dan OPD Kota Magelang.

"Forum Anak Obama merupakan pelopor, sebagai agen perubahan. Perubahan tidak akan terwujud jika tidak ada perubahan pada diri kita sendiri. Kemudian sebagai pelapor, maka harus berbuat aktif, ketika ada anak seusia kalian dipaksa oleh keadaan atau hal lain silakan lapor ke DP4KB karena ada konsekuensi yang harus ditanggung," papar Niken.

Sementara itu, Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz menuturkan, Forum Anak Obama beranggotakan anak-anak generasi Z yang selalu berhubungan dengan internet. Hampir semua informasi dapat diakses melalui internet. Sebagai orang tua maka harus bisa mengarahkan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti pernikahan dini dan sebagainya.

"Kita sebagai orang tua tugas kita mengarahkan, dan agama adalah benteng terakhir kalian, agar anak-anak bisa menerima kalau terjadi kegagalan. Anak-anak di negara maju memang kerja keras tapi kalau akhirnya gagal mereka tidak terima, ada yang bunuh diri," ungkap Dokter Aziz.

Dokter Aziz berpesan kepada anak-anak di Kota Magelang umumnya, dan Forum Anak Obama pada khususnya, untuk jujur, rajin, gemi (hemat), hati-hati, setiti (teliti), guyup (kebersamaan), rukun, loman (berbagi), dan welas ro sepodo-podo (baik kepada sesama). (Kbm2).

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply