Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Rayndra, Peternak Modern Yang Sukses Asal Candimulyo

Candimulyo, kabarMagelang.com__Usia boleh saja masih muda, tapi karya tak kalah melebihi batas. Itulah Rayndra Syahdan Mahmudin, pemuda 27 tahun itu telah sukses menjadi peternak berkonsep modern, dan didaulat sebagai Duta Petani Milenial Kementrian Pertanian RI.

Berawal 2016,  Rayndra mendapat bantuan program Pertumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian dari Kementrian Pertanian senilai Rp 30 juta. Bantuan tersebut berbentuk permodalan untuk bisnis peternakan kambing dan domba.

"Saya menjadi salah satu penerima program dari Kementrian Pertanian saat itu," ujar Rayndra saat ditemui di Dusun Semen Desa Trenten, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang, baru-baru ini.

Baginya, itu adalah kesempatan terbaiknya dalam menekuni dunia pertanian, terutama sektor peternakan. Rayndra sendiri merupakan lulusan SMKN 1 Ngablak jurusan pertanian, kemudian dilanjutkan S1 di Politeknik Pertanian jurusan Peternakan di Yogyakarta-Magelang.

"Jadi memang sektor pertanian ini dipandang rendah terutama oleh generasi milenial. Kenapa saya memilih ini karena memang saya berada di lingkungan pertanian, saya berasal dari SMKN 1 Ngablak jurusan pertanian S1 juga di politeknik pembangunan pertanian jurusan peternakan di Yogyakarta-Magelang dan S2 juga mengambil agribisnis," lanjutnya.

Bukan perjuangan jika tidak menemui hambatan. Pemuda kelahiran Magelang, 29 November 1995 itu justru mendapat pertentangan dari keluarganya. Karena dunia pertanian atau peternakan dianggap kurang menguntungkan. 

"Tapi memang hambatannya cukup besar justru di lingkungan keluarga sendiri. Banyak yang tidak percaya kalau sektor pertanian itu menguntungkan. Tetapi saya berusaha membuktikan dan alhamdulillah usaha saya di bidang pertanian menjadi baik dan juga berkembang pesat," lanjutnya.

Dari keseriusannya itu, peternakan kambing dan domba miliknya berkembang pesat. Saat ini sudah ada 7 kandang berkapasitas total 1100 ekor, yang tersebar di Kecamatan Pakis 2 tempat, Tegalrejo 1 tempat, Candimulyo 1 tempat, Kajoran 1 tempat, Grabag 1 tempat, dan Borobudur 1 tempat.

"Jadi, selama manusia masih ada di dunia ini tentu pasti butuh pangan, dan pangan tidak lepas dari sektor pertanian. Sehingga sektor pertanian ini sangat saya yakini menguntungkan," ungkapnya.

Keberhasilan peternakan Rayndra tidak lepas dari sistem modern yang diterapkan. Mulai dari penyediaan pakan kering sebagai pengganto serat rumput. Sehingga peternakannya tanpa harus ngarit atau ngerumput.

"Kalau di peternakan kami di Cipta Visi Farm saat ini kita memiliki 7 kandang dengan kapasitas 1100 ekor. Dan di tempat kami beternak tanpa ngarit atau beternak dengan sistem pakan kering. Pakan diambil dengan memanfaatkan limbah ketela, pohon jagung, kulit kacang hijau dan lainnya. Untuk protein bisa pakai konsentrat," jelasnya.

Menariknya, peternakan miliknya diintegritaskan dengan potensi lokal lainnya, seperti perkebunan. Jadi, limbah ternak dijadikan pupuk pohon kelapa, sehingga di desanya dikenal sebagai perkebunan kelapa organik.

"Dari perkebunan kelapa itu, kita bisa memproduksi gula semut. Perlu diketahui, akhir dari peternakan adalah awal pertanian, sedangkan akhir pertanian adalah awal peternakan. Itu yang harus dipegang," paparnya.

Selain sistem yang modern, Rayndra juga buka Sekolah Petani Milenial dan membuka permagangan, gratis bagi siapapun yang mau belajar.

"Semuanya gratis. Untuk Sekolah Petani Milenial ada 2870 orang, dan magang 320 orang. mungkin akan terus bertambah," imbuhnya.

ia berharap, generasi milenial bisa mulai menerjuni dunia pertanian dan peternakan. Karena mayoritas petani saat ini usia di atas 45 tahun. Seingga peran generasi milenial sangat dibutuhkan karena akan membangun manajemen dengan baik.

"Pertanian itu sudah maju, modern dan keren. ini bentuk bisa menghadapi krisis pangan karena bangsa pemenang adalah bangsa yang bisa mencipatkan pangannya sendiri," tandasnya.(kbm2).

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply