Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Viral Tiga Orang TNI Menolong Anak Tercebur Sumur di Candi Borobudur Adalah Anggota Kodim 07/05 Magelang

Borobudur, KabarMagelang.com__Anggota TNI berhasil menyelamatkan wisatawan kecebur sumur di Taman Wisata Candi Borobudur menjadi viral di media sosial. Bahkan anggota TNI yang berasal dari Kodim 07/05 Magelang yang bernama Serda Rahman ini masuk kedalam sumur sedalam 12 meter tanpa menggunakan alat apapun guna menolong korban. Baru setelah didalam sumur dua rekanya menurunkan selang guna membantu evakuasi.

‘Saat itu bersama rekan saya berjaga di pintu masuk. Tiba-tiba mendengar teriakan orang minta tolong. Setelah saya dekati bersama rekan saya, ternyata ada anak yang jatuh  ke dalam sumur,” ungkapnya di Taman Wisata Candi Borobudur, Rabu (4/1/2023).

Tanpa berpikir panjang Serda Rahman langsung masuk ke dalam sumur guna menolong korban. Kedua rekanya yang ada diluar membantu menolong, menggunakan selang air dengan cara ditekuk menyerupai huruf U. Kebetulan selang itu ada di sekitar kejadian.

“Kurang dari tiga menit saya berhasil masuk ke dalam sumur. Saat di dalam air saya berhasil memegang bajunya. Kemudian langsung saya rangkup, dan kaki saya pijakkan pada tekukan selang,” jelas Rahman.

Dia mengungkapkan untuk kedalaman air di dalam sumur diperkirakan mencapai 6 meter. Dan posisi korban dalam keadaan tenggelam, namun masih berusaha berenang keatas.

“Korban sudah tenggelam, dan berusaha berenang, seperti timbul tenggelam,” katanya.

Dengan kesigakan rekanya akhirnya korban berhasil dievakuasi, dengan kondisi lemas dan tidak lama korban tersebut menangis.

“Setelah sampai di atas,  korban kondisinya loyo. Tetapi bisa menangis dipelukan ibunya,” ujar Rahman.

Genderal Manager PT. Taman Wisata Candi Borobudur (TWC) Jamaludin Mawardi, mengatakan baru mengetahui video viral di media sosial pada Rabu (4/1/2022) pagi. Dia menjelaskan kejadian pada masa libur Nataru tepatnya pada tanggal 1 Januari 2023 kemarin sekira pukul 14.30 WIB.

“Ini kejadian yang pertama kali yang terjadi di area Taman Wisata Candi Borobudur. Kejadian tersebut menimpa pengunjung keluarga Ismiyati dari Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Wonosobo,” jelasnya.

Adapun kronologisnya sebelum masuk ke Candi Borobudur, ibunya masuk ke toilet, dan anak-anak berada di luar. Pada saat itu anak-anak sambil bermain dan melompat – lompat diatas tutup sumur yang terbuat dari cor semen.

“Tanpa disengaja tentunya karena diinjak-injak maka tutup sumur ambrol. Salah satu dari mereka, yaitu Aurelio Rafael Aditya (7) ini, ikut terperosok masuk ke dalam sumur,” ungkapnya.

Setelah berhasil dievajuasi oleh anggota Kodim 07/05 Magelang, anak tersebut selamat. Kondisi anak setelah sampai diatas juga tidak ditemukan luka atau kritis. Namun guna memastikan Kesehatannya anak tersebut langsung di bawa ke Puskemas Borobudur.

“Namun secara cepat tindakan medis yang kami lakukan yaitu membawa korban ke Puskesmas Borobudur. Setelah dilakukan pemeriksaan tidak ditemukan luka serius. Tetapi syarat dari dokter yang memeriksa disarankan ronsen. Saat itu juga kita bawa ke Rumah Sakit Merah Putih, hasilnya anak tersebut sehat, paru-paru juga normal, dan diperbolehkan pulang,” terang Jamaludin.

Setelah ditemukan dengan keluarga yang masih menunggu di Taman Wisata Borobudur, mereka diberikan fasilitas naik ke Candi Borobudur dengan free tiket sebagai kompensasi atas terjadinya peristiwa tersebut.

“Anak tersebut juga bisa jalan biasa dan masih tetap ingin naik ke Candi Borobudur,” katanya.(Kbm2).

 

 

 

 

 

 

 


About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply